10 MANFAAT MEMILIKI SISTEM PROTEKSI AKTIF PEMADAM KEBAKARAN BAGI PEMILIK DAN PENGELOLA BANGUNAN RUMAH SAKIT

Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran
Gambar Ilustrasi Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran Rumah Sakit

Arti dan makna Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran yang perlu anda ketahui

 

Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran
Gambar 1. Ilustrasi Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran.

Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran adalah sistem mekanisme proteksi berbagai alat, media dan bahan pemadam kebakaran.

Yang wajib disediakan oleh pihak pemilik atau pengelola bangunan rumah sakit, dalam melindungi semua aspek fasilitas yang ada di lingkungan rumah sakit.

 


Mengapa Dibutuhkan adanya Sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran pada Bangunan Rumah Sakit?

Pwmilik dan pengelola bangunan wajib menyediakan sistem proteksi aktif Pemadam kebakaran karena didalamnya mereka menampung dan merawat orang sakit (pasien) yang merupakan orang yang lemah dan tidak berdaya.

Jangankan unrtuk lari menghindari bahaya kebakaran melindungi dirinya sendiri saja tidak mampu karena mereka bukan orang sehat yang terbaring lemah dalam kondisi perwatan medis.

Maka jika kita lihat dari kapasitas pasien rumah sakit jamlahnya biasanya mencaai 20 – 30 % penghuni rumah sakit, baru sisanya adalah tim dokter dan perawat lalu pasien.

Dan mereka semua wajib di lindungi dengan sistem proteksi aktif Pemadam kebakaran ini selama berada dilingkungan rumah sakit tersebut.

 


Dasar Hukum Sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran

Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran
Gambar 2. Dasar Hukum Sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran

Pada dasarnya sistem proteksi aktif Pemadam kebakaran aturan yang ditetapkan pemerintah, melalui Dinas Pemadam Kebakaran yang seharusnya dipartuhi oleh pemilik dan pengelola rumah sakit.

Karena rumah sakit adalah fasilitas publik yang seharusnya “Aman dan Bebas dari ancaman Bahaya Kebakaran!”

Dasar Hukum Sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran antara lain ;

1. Peraturan Pemerintah :

  • No.28 2002 Tentang Bangunan Gedung;
  • No.36 2005 Tentang Pelaksanaan UU No.28 2002 Tentang Bangunan Gedung.

 

2. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (PU)

  • No.441 1998 tentang Persyaratan Teknis Bangunan Gedung;
  • No.10 2000 tentang Ketentuan Teknis Pengamanan terhadap Bahaya Kebakaran Pada Bangunan Gedung dan Lingkungan;
  • No.11 2000 tentang Ketentuan Teknis Manajemen Penanggulangan Kebakaran di Perkotaan
  • No 29 2006 Tentang Pedoman Teknis Bangunan Gedung
  • No 24 2008 Tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Gedung
  • No.25 2007 Tentang Pedoman Sertifikat Laik Fungsi (SLF) Bangun Gedung
  • No 26 2008 Tentang Persyaratan Teknis System Proteksi Kebakaran Pada Bangunan dan Lingkungan
  • No.20 2009 tentang Pedoman Teknis Manajemen Proteksi Kebakaran di Perkotaan

 

3. Standar Nasional Indonesia (SNI)

  • SNI 03-1735-2000 Perencanaan Akses Bangunan dan Lingkungan.
  • SNI 03-1736-2000 Perencanaan Sistem Proteksi Pasif.
  • SNI 03-1745 2000 Perencanaan dan Pemasangan Sistem Pipa Tegak dan Slang
  • SNI 03-1746-2000 Perencanaan dan Pemasangan Sarana Jalan Keluar Untuk Penyelamatan
  • SNI 03-6574-2001 Perencanaan Pencahayaan Darurat, Tanda Arah dan Sistem Peringatan Bahaya Pada Bangunan Gedung
  • SNI 03-3985-2000 Perencanaan dan Pemasangan Sistem Deteksi dan Alarm Kebakaran
  • SNI 03-3987-1995 Perencanaan dan Pemasangan Alat Pemadam Api Ringan
  • SNI 03-3989-2000 Perencanaan dan Pemasangan Sistem Springkler Otomatik
  • SNI 03-6571-2000 Sistem Pengendalian Asap Kebakaran Pada Bangunan Gedung
  • SNI 03-7015-2004 Sistem Proteksi Petir Pada Bangunan Gedung
  • SNI 03-7011-2004 Keselamatan Pada Bangunan Fasilitas Layanan Kesehatan.

 


10 Manfaat Memiliki Sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran Bagi Pemilik atau Pengelola Bangunan Rumah Sakit

 

Untuk lebih memahami, maka sebagai Pemilik atau pengelola Bangunan rumah sakit, maka anda perlu mengetahui manfaat memiliki Sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran ini.

Sebab aturan ini justru akanmemebawa keuntungan jagka panjang bagi usaha anda, untuk tu berikut ini 10 Manfaat Memiliki Sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran

 

1. Garansi Rasa Aman

Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran
Gambar 3. Garansi Rasa Aman.

Dengan hadirnya Sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran pada instalasi itu, maka harapan akan tercipta rasa aman bagi seluruh pengguna Bangunan Rumah Sakit aka semakinn besar.

Baik dari pihak pasien yang sedang dirawat, pengunjung dan keluarga, bahkan hingga dokter juga perawat dan karyawan yang bertugas dapat menjadi kenyataan.

Dengan adanya Sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran, maka hilanglah kekhawatiran yang berlebihan akan bahaya kebakaran yang mungkin terjadi.

Sebab kekhawatiran yang berlebihan adalah sumber kepanikan yang sangat berbahaya, khususnya jika keadaan darurat seperti kebakaran sedang terjadi.

Rasa Panik yang berlebihan akan menghalangi upaya evakuasi dan penyelamatan korban sebab rasa panik hanya membuat orang tersebut menjadi takut, ragu dan gugup.

Padahal proses evakuasi dan penyelamatan korban sedang berhadapan dengan kobaran api sehingga harus dilaksanakan secapat mungkin.

 


2. Upaya Nyata Perlindungan Keselamatan & Usaha Mengurangi Korban Jiwa.

Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran
Gambar 4. Upaya Nyata Perlindungan Keselamatan & Usaha Mengurangi Korban Jiwa.

Pada saat terjadi bahaya kebakaran, maka satu-satunya sistem pertahanan kita dengan kobaran api hanya Sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran.

Dengan memenuhi standar yang di tentukan pemerintah tentang keselamatan bangunan dan gedung, maka hal ini tentu wajib menjadi prioritas utama yang harus dipersiapkan pemilik atau pengelola Gedung.

Sebab jika pemilik atau pengelola gedung lalai, maka bisa jadi jumlah korban dan kerugian akibat kebakaran akan menjadi tinggi.

Karena jika alat tradisional yang mereka gunakan gagal memadamkan api, maka dapat dipastikan upaya evakuasi korban kebakaran akan menjadi sia-sia.

Sebab perlu diingat dirumah sakit banyak sekali bahan dan peralatan yang sangat sensitif terhadap percikan api, jika tidak dipersiapkan alat pemadam api.

Maka Hanya dalam waktu sekejab saja, api akan menjadi besar dan membakar semua benda yang ada dalam waktu yang sangat singkat.

 


3. Proteksi Aset Bangunan secara maksimal

Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran
Gambar 4. Proteksi Aset Bangunan secara maksimal.

Dengan hadirnya berbagai alat sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran yang diwajibkan oleh pemerintah ini, pihak pemilik atau pengelola Rumah sakit

Selain memiliki peluang yang jauh lebih besar dalam memadamkan kebakaran, kehadiran sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran juga bisa memberi tambahan waktu untuk proses evakuasi yang lebih lama.

Sehingga semua orang pada akhirnya memiliki waktu yang lebih panjang dan bisa segera meninggalkan bangunan yang sedang terbakar.

Karena pada musibah kebakaran, waktu adalah barang langka yang paling berharga, semakin lama waktu yang tersedia maka semakin bayak korban yang bisa diselamatkan.

 


4. Terhindar Dari Sanksi Hukum

Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran
Gambar 5. Terhindar Dari Sanksi Hukum.

Pada dasarnya jika sebuah bangunan mengalami kebakaran, maka pemilik atau pengelola gedung wajib bertanggungjawab atas kejadian itu.

Sebab mereka yang memiliki kendali izin atas segala hal yang ada dan berlangsung didalam bangunan gedung tersebut, terlepas dari kejadian istimewa diluar dugaan.

Seperti akibat faktor kesengajaan atau kecelakaan mereka adalah pihak yang berwenang akan meminta pertanggungjawaban mereka sebagai pihak penguasa bangunan dan faslitasnya.

Nah bisa anda bayangkan jika korban jiwa yang jatuh dalam kebakaran banyak, akibat bangunan tidak memiliki sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran ?

Maka pihak berwenang bisa saja menganggap pemilik atau pengelola bangunan rumah sakit telah lalai dan tidak bertanggungjawab akibat tidak menyediakan Sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran.

Dan hal terburuk dalam kasus kebakaran adalah pemilik atau pengelola gedung yang lalai tersebut bisa dikenakan sangsi hukum atau bahkan tersangka.

Karena ia lalai dan melanggar hukum dengan tidak mempersiapkan Sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran sebelum terjadinya peristiwa kebakaran.

Juga sebaliknya jika mereka sudah mempersiapkan Sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran, maka mereka hanya akan dianggap sebagai saksi.

 


5. Menambah Nilai Aset Bangunan

Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran
Gambar 6. Menambah Nilai Aset Bangunan.

 

mereka sebenarnya akan mendapat manfaat tambahan.

Yaitu dengan bertambah dan meningkatnya nilai aset bangunan dengan adanya yang sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran yag ada.

Karena dengan adanya peningkatan sistem ini, otomatis akan menjadi fasilitas yang permanen, bukan bersifat sementara.

Hal ini tentu akan meningkatkan nilai bangunan itu sendiri sehingga tentu akan menjadi aset yang berharga bagi pihak pemilik atau pengelola rumah sakit.

Berbeda jika bangunan tidak dilengkapi sistem sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran, yang ada hannya nnilai fungsi bangunan dan ruang saja.

Tidak ada pertambahan aset proteksi bangunan yang bisa menambah nilai bangunan secara kekseluruhan.

 


6. Upaya Peningkatan Standar Keamanan dan Kesehatan Kerja (K3)

Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran
Gambar 7.Upaya Peningkatan Standar Keamanan dan Kesehatan Kerja (K3).

 

 

Jika kita buka aturan pemerintah yang membahas soal Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), maka sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran juga termasuk dalam aturan tersebut.

Maka dengan menyediakan sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran, secara otomatis anda juga memenuhi standar aturan K3 yang dianjurkan oleh pemerintah.

Artinya sebagai pemilik atau pengelolla fasilitas, maka anda sudah memenuhi tanggungjawab anda sebagai penyedia layanan publik yang Profesional.

 


7. Peningkatan Sumber Daya Mamnusi (SDM) Personel Rumah Sakit

Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran
Gambar 8. Peningkatan Sumber Daya Mamnusi (SDM) Personel Rumah Sakit

Dengan hadirnya sistem proteksi Aktif Pemadam kebakaran ini, maka selanjutnya anda perlu memiliki operator alat yang handal dalam mengatasi bahaya kebakaran.

Untuk itu diperlukan training dan pelatihan “Tim Reaksi Cepat Pemadam kebakaran Rumah Sakit” atau yang biasa kami sebut dengan istilah “Fire Marshal” dalam Industri Pemadam kebakaran.

Tujuannya adalah menciptakan karyawan yang terlatih dan memiliki kemampuan dalam memadamkan kebakaran dengan cepat dan tepat sebelum memanggil Petugas Pemadam Kebakaran.

Latihan Fire Marshal ini juga bagian dari sistem proteksi Aktif Pemadam kebakaran, dimana di bagian akhir semua undang-undang tersebut.

Sebab tujuan utama training dan pelatihan Fire Marshal adalah meminimalisir kesalahan prosedur dalam penggunaan alat pemadam kebakaran yang justru bisa berakitbat fatal.

Karena Fasilitas rumah sakit dikenal memiliki banyak sekali peralatan elektronik yang mahal harganya dan juga berbagai bahan oksigen yang mudah sekali terbakar.

Sehingga penanganannya tentu membutuhkan pengetahuan, pelatihan bahkan simulasi latihan yang lengkap dan bertahap, agar semua personel Fire Marshal bisa bekerja sesuai standar.

 


8. Peningkatan Kualitas Pelayanan

Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran
Gambar 9. Peningkatan Kualitas Pelayanan.

Secara umum jika SDM personel rumah sakit sudah meningkat, maka hal ini tentu akan memakin membuat kinerja mereka akan semakin meningkat.

Bukan hanya sebagai karyawan rumah sakit biasa, namun juga sebagai seorang Fire Marshal yang bisa diandalkan dalam melindungi keselamatan aset dan kepentingan rumah sakit secara umum.

Dengan adanya menambahan sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran pada rumah sakit Anda, maka anda sudah memiliki sistem yang mengamankan investasi Anda secara keseluruhan.

 


9. Menigkatkan Citra Positif yang akan Meningkatkan Branding Perusahaan Anda

Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran
Gambar 10. Menigkatkan Citra Positif yang akan Meningkatkan Branding Perusahaan Anda.

Karena seiring dengan pengadaan sistem proteksi aktif Pemadam kebakaran yang Anda lakukan, maka secara otomatis hal ini akan membawa dampak yang positif.

Maka perusahaan anda akan semakin memperoleh citra positif yang tinggi serta penghargaan dari masyarakat karena mampu memberikan rasa aman bagi mereka.

Semakin banyak orang yang tahu hal ini, mka akan semakin banyak orang yang akan memberikan apresisai positif mereka akan citra perusahaan anda.

Bahkan citra perusahaan ada sebagai rumah sakit paling aman dapat menjadi contoh dan mendapat perhatian serta dukungan dari pemerintah.

Hanya karena anda menyediakan sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran yang dibutuhkan untuk melindungi pasien, karyawan dan pengunnjung rumah sakit.

 


10. Investasi jangka panjang

 

Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran
Gambar 11. Investasi jangka panjang.

Maka untuk itu yang perlu anda lakukan, hanya cukup sekali saja bagi anda dalam menyediakan atau membabeli Sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran ini.

Selebihnya untuk puluhan tahun kedepan anda tinggal menikmati hasilnya, investasi aman dari bahaya kebakaran, Penghuni rumah sakita aman dan Banding perusahaan anda akan mendapatkan Citra positif selamana.

Jadi keuntungan yang akan anda nikmati dikemudian hari akan semakin berlipat ganda, tanpa anda sadari. Biarkan Sistem Proteksi Aktif Pemadam kebakaran yang bekerja untuk anda.

 


H6 : Kesimpulan

Demikianlah 10 manfaat memiliki sistem proteksi aktif Pemadam Kebakaran bagi Pemilik dan pengelola Bangunan Rumah Sakit yang dapat kami uraikan.

Semoga dengan hadirnya Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran ini pada rumah sakita anda, maka akan membuat perusahaan anda semakin disegani.

Bukan hanya sebagai rumah sakit yang profesional, namun sebagai Rumah Sakit Paling Aman dari Bahaya Kebakaran dikota Anda berada.

Dalam mewujudkan harapan itu, berikut adalah tiga jenis alat dari sistem aktif pemadam kebakaran yang perlu anda ketahui, yaitu ;

1 Sistem Deteksi dan Peringatan Dini Bahaya Kebakaran .

2 Sistem pemadam kebakaran berbasis air seperti pompa, springkler, pipa tegak dan slang kebakaran dan,

3 Sistem pemadam kebakaran berbasis bahan kimia, seperti APAR dan Alat Pemadam Khusus.

 

Semakin anda mengenal Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran ini, maka harapan untuk meningkatkan standar rumah sakit anda akan semakin mudah.

 

Semoga Bermanfaat !