10 MANFAAT SISTEM HYDRANT ALAT PROTEKSI AKTIF PEMADAM KEBAKARAN BAGI PEMILIK ATAU PENGELOLA BANGUNAN DAN GEDUNG

Peran Sistem Hydrant Alat Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran Di Perkotaan

Dalam menunjang Pembangunan, peran kota besar di Indonesia dalam mendukung perekonomian masyarakat tengah menghadapi berbagai macam tantangan saat ini.

Selain kebijakan protokol PSBB yaang membawa dampak negatif pada perkembangan ekonomi nasional.

Juga masalah sosial lainnya, permasalahan kota besar lainnya yang paling sering terjadi adalah ancaman Bahaya Kebakaran.

Bahaya kebakaran adalah musibah yang paling buruk yang bisa terjadi pada sebuah kota, selain bencana alam, sebab korban jiwa yang timbul akibat kebakaran biasanya cukup besar.

Belum lagi kerugian harta benda yang ada didalamnya juga termasuk kerusakan dekorasi maupun konstruksi bangunan semua menelan menelan biaya yang tidak sedikit.

Jika Anda belum tahu seperti apa gambaran kasus kebakaran yang pernah menggoncang beberapa kota besar didunia.

Mak sebagai referensi, berikut ini 6 Peristiwa Kebakaran Besar Di Dunia yang dapat Anda ketahui, sebagai bahan referensi tentang ancaman kebakaran Kota.

Nah jika anda ingin pencegahan dan penanggulangan bahaya Kebakaran di perkotaan, khususnya melindungi aset perusahaan anda.

Maka yang perlu anda lakukan adalah melengkapi bangunan dan gedung dengan sistem proteksi Aktif Pemadam Kebakaran.

 


Sistem Hydrant Alat Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran dalam Melindungi Aset Bangunan dan Gedung

Valves and control system for fire hydrant at factory.

Jika anda pergi area bisnis, Industri dan perekonomian, maka akan anda jumpai sistem Hydrant pemadam kebakaran yang merupakan Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran.

Karena banyak tempat publik seperti taman hiburan, mall, jalan, pabrik, gedung, pasar yang beresiko mengalami bencana kebakaran.

Melihat pentingnya peranan hidrant yang menyangkut keamanan dan kenyamanan bangunan dan gedung, baik milik pemerintah, maupun masyarakat.

Maka sudah menjadi kewajiban untuk memprioritaskan sistem hydrant ini sebagai alat protsksi aktif pemadam kebakaran utama yang sangat penting bagi kita semua.

 


Pengertian Sistem Hydrant Alat Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran Yang perlu Anda Ketahui

Kehadiran sistem Hydran sebagai alat pemadam kebakaran merupakan sebuah solusi ideal dalam mengamankan Pabrik di kawasan industri atau Gedung di perkotaan.

Pengertian sistem hydrant adalah Sistem proteksi kebakaran gedung berbentuk sistem terminal yang menyediakan pasokan air bertekanan untuk tujuan memadamkan kebakaran skala besar”.

Yang akan digunakan disaat Alat Pemadam Api Ringan (APAR) telah gagal dalam memadamkan api yang sudah terlanjur membesar dan sulit dipadamkan. 

Umumnya Hydrant dipasang di area yang memiliki banyak sekali sumber atau ketersediaan (pasokan) air yang cukup

Sehingga memudahkan Petugas pemadam kebakaran untuk menggunakan pasokan air tersebut dalam membantu memadamkan kebakaran.

 


Pasokan Air pada Sistem Hydrant Alat Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran

Terdapat dua jenis pasokn Air yang digunakan untuk Sistem Hydrant Alat Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran yang sering di jadikan sumber air dalam memadamkan kebakaran, yaitu :

Air yang di gunakan biasanya diperoleh dari sumur terdekat atau kolam yang mudah di akses. Tetapi hal ini akan sulit dalam proses pemadaman kebakaran untuk tempat yang jangkauannya jauh dari sumber air.

Untuk saat ini sudah ada sistem air bawah tanah yang bisa di gunakan sebagai suplay air pada Hydrant.

a. Pasokan air Bertekanan (Pressurized Water)

itu dimana hydran tersambung dengan pompa dalam menghasilkan tekanan,

b. Pasokan air tidak bertekanan (Unpressurized Water )

dimana hydrant tersambung secara langsung ke sumber air seperti kolam atau tangki air dengan menggunakan pompa tersendiri.

 


10 Manfaat Sistem Hydrant alat Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran Bagi Pemilik atau Pengelola Bangunan Dan Gedung

Dalam upaya melindungi bangunan dan gedung, maka perlu dipersiapkan sistem Hydrant alat proteksi aktif pemadam kebakaran oleh pihak pemilik bangunan atau pengelola.

Berikut ini adalah 10 Manfaat Sistem Hydrant alat Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran Bagi Pemilik atau Pengelola Bangunan Dan Gedung :

1. Meningkatkan Standar Keamanan Lingkungan.

Kehadiran sebuah sistem Hydrant alat proteksi aktif pemadam kebakaran pada sebuah proyek pembangunan gedung secara ototmatis akan meningkatkan Standar Keamanan Lingkungan.

Maka untuk itu Pemerintah mewajibkan sistem Hydrant alat proteksi aktif pemadam kebakaran dengan memasukkannya dalam undang undang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

 


2. Patuh Hukum & Aturan Pemerintah

Dengan Undang-undang yang mengatur sistem Hydrant alat proteksi aktif pemadam kebakaran, pemerintah ingin memastikan bahwa semua pemilik atau pengelola dan penyewa bangunan mentaatinya.

Sebab bisa dikatakan bahwa dari kasus kebakaran bagunan dan gedung, diketahui bahwa 80-90 % bangunan dan gedung itu tidak dilengkapi oleh sistem Hydrant alat proteksi aktif pemadam kebakaran.

 


3. Mampu Melindungi Bangunan dan Gedung.

Aturan pemasangan Sistem Hydrant alat proteksi aktif pemadam kebakaran yang ditetapkan oleh pemerintah umumnya sudh mengikuti standar yang ditetapkan oleh organisasi Pemadam Kebakaran utama Dunia.

Karena seluruh dunia mengikuti standar yang ditetapkan oelh lembaga Nasional Fire Protection Accocite (NFPA) yang berkedudukan di amerika serikat.


4. Aset Proteksi Utama Bangunan dan Gedung

sistem Hydrant alat proteksi aktif pemadam kebakaran dalam Industri Alat pemadam Kebakaran dikenal sebagai Aset Proteksi Utama Bangunan dan Gedung.

Keberandaannya yang menyatu dengan bangunan dan gdung yang menjadikannya demikian,

 


5. Menggunakan Bahan Pemadam Paling Murah dan Mudah (Air)

Bahan apa yang paling mudah dalam memadamkan api ? Selain media pasir tentu bahan air adalah bahan yang paling ekonomis dan paling mudah didapatkan.

Memang sistem Hydrant alat proteksi aktif pemadam kebakaran dibangun khusus untuk mengatur suplay air yan gakan diguakan untuk memadamkan kebakaran.

 


6. Paling Efektif Dalam Memadamkan Api

Dengan menggunakan bahan air, maka sistem Hydrant alat proteksi aktif pemadam kebakaran menjadi sangat efektif dalam memadamkan Kebakaran.

Karena sifat air yang sangat cepat dalam mendinginkan benda panas, maka tidak mengherankan jika sistem Hydrant disukai oleh semua pihak.

Baik Pemilik, Pengelola,  pengguna bangunan bahkan Tim Fire Marshal hingga Petugas Pemadam Kebakaran juga menyukainya.

Karena media air dinilai sebagai bahan yang paling cepat dalam memadamkan api dan Kebakaran.

 


7. Mampu Memadamkan Kebakaran Kelas A

Sistem Hydrant Alat Proteksi aktif pemadam kebakaran merupakan media pemadam api yang mampu memadamkan kebakaran yang terjadi pada Bahan Benda Padat Non Besi.

Seperti yang anda ketahui bahan benda pada non besi termasuk dalam jenis bahan pada Kelas Kebakaran A pada Teori Segitiga Api, yang terdiri dari ;

  • Bahan Kertas,
  • Bahan Kain,
  • Bahan Kayu atau
  • Bahan Plastik

Pada jeis Kelas Kebakaran A, media Air mupakan media yang paling aman dan cepat dalam memadamkan api, sehingga Sistem Hydrant menjadi andalan sistem proteksi gedung.

 


8. Mampu Memadamkan Api Besar

Sebesar apapun kebakaran, namun jika bahan yang terbakar masih dari kertas, kayu, kain atau plastik, maka proses memadamannya masih cukup mudah.

Dengan menggunakan media air pada sistem Hydrant alat proteksi aktif pemadam kebakaran,

Yang akan digunakan oleh gabungan Petugas Pemadam Kebakaran dibantu oleh Tim Fire Marshal Bangunan dan Gedung.

 


9. Mudah dioperasikan selama pernah ikut Latihan Fire Marshal

Sekilas sistem Hydrant alat proteksi aktif pemadam kebakaran terlihat rumit dan sulit dioperasikan apalagi oleh kalangan masyarakat umum.

Namun bagi kalangan yang pernah mengikuti training Fire Marshal, maka mengoperasikan sistem Hydrant alat proteksi aktif pemadam kebakaran bukanlah masalah besar.

 


10. Area yang dilindungi paling luas

Yang terakhir adalah sistem Hydrant alat proteksi aktif pemadam kebakaran ini mampu melindungi area yang luas, seperti gudang, Hall, Aula atau Ballroom di hotel.

Jik anda ingin menambah luas kawasan yang ingin dilindungi, maka cukup hanya dengan menambah pompa dan memanjangkan pipa dan saluran penghubugny saja

Sebab pada dasarnya sistem Hydrant bukan hanya bisa melindungi sebuah bangunan atau beberapa bangunan, namun bisa untuk melindungi seluruh bagian kota sekaligus.

Selama tersedia pasokan air yang cukup, maka dimanapun anda berada sistem hydran bisa dibangun sesuai kebutuhan.

 


3 Jenis Sistem Hydrant Alat Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran

Sejauh ini dalan Industri Alat Pemadam Kebakaran dikenal 3 jenis sistem Hydrant alat proteksi aktif pemadam kebakaran.

Yang dipasang sesuai dengan kebutuhan dan peruntukan bangunan serta anggaran yang ada, sistem hdrant itu adalah :

1. Sistem Hydrant Halaman

2. Sistem Hydrant Gedung

3. Sistem Hydrant Kota

Semua jenis Hydrant ini dirancang dan dibuat oleh pihak terkait dengan melakukan berbagai analisa.

Baik analisa lingkungan, aspek keselamatan dan kesehatan kerja juga sistem yang paling efisien dan efektif dalam membawa pasokan air ke lokasi.


Kesimpulan

Demikianlah uraian sistem Hydrant alat proteksi aktif pemadam kebakaran dalam melindungi bangunan dan Gedung.

 

Semoga Bermanfaat