5 MANFAAT SISTEM DETEKSI DAN PERINGATAN DINI BAHAYA KEBAKARAN DALAM MELINDUNGI ASET PERUSAHAAN ANDA

Sistem Deteksi dan Peringatan Dini Bahaya Kebakaran
Sistem Deteksi dan Peringatan Dini Bahaya Kebakaran

Fungsi Utama Sistem Deteksi dan Peringatan Dini Bahaya Kebakaran ?

 

Bagi pemilik bangunan Sistem deteksi dan peringatan dini bahaya kebakaran bukanlah hal baru, banyak sekali kita jumpai di kantor, pabrik dan fasilitas umum lainnya.

Sistem yang merupakan salah satu dari Sistem Proteksi Aktif Pemadam Kebakaran ini ternyata adalah sistem yang pertama yang wajib dipasang pada setiap bangunan.

Sebab fungsi utamanya adalah untuk mendeteksi adanya api atau asap, sebagai tanda sedang terjadi bahaya kebakaran.

Namun pertanyaannya apakah semua bangunan di sekitar anda sudah memiliki sistem atau alat ini ? Jawabannya mungkin tidak, karena semua orang mungkin tahu apa itu Sistem deteksi dan peringatan dini bahaya kebakaran.

Namun hanya pihak yang bertanggungjawab dan perduli akan keselamatan jiwa pengguna gedung saja yang menggunakan Sistem deteksi dan peringatan dini bahaya kebakaran tersebut.

 


5 Manfaat Sistem Deteksi dan Peringatan Dini Bahaya Kebakaran Dalam melindungi Aset Perusahaan Anda

Lalu apakah manfaat sistem deteksi dan peringatan dini bahaya kebakaran bagi Perusahaan Anda ? Dibutuhkan pemahaman yang baik bagi semua pemilik dan pengelola bangunan.

Berikut ini adalah manfaat yang bisa diperoleh dengan memiliki  sistem deteksi dan peringatan dini bahaya kebakaran tersebut, yaitu ; 

 

1. Perlindungan Bahaya Kebakaran Bagi Gedung Kosong saat PSBB & WFH berlaku.

Pada Masa Pandemi, Pemerintah memberlakukan kebijakan protokol Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Work From Home (WFH).

Pada saat kebijakan tersebut berlaku, maka otomatis segala aktifitas kerja di kantor akan dihentikan.

Kantor akan menjadi kosong dan umumnya hanya menyisakan petugas keamanan saja untuk menjaga keamanan gedung.

Namun bagaimana dengan bahaya kebakaran ? Banyak kejadian kebakaran yang terjadi justru saat bangunan sedang kosong.

Pada saat PSBB & WHM berlaku. 

 

2. Upaya Penyelamatan Jiwa dan Aset Berharga

Dengan hadirnya sistem deteksi dan peringatan dini bahaya kebakaran, maka pemilik gedung sudah memberikan tanggungjawab mereke sebagai pihak yang berwenang akan aset bangunan tersebut.

Upaya mereka dalam Upaya Pemyelamatan Jiwa dan Aset Berharga akan menjadi penilaian lebih dari semua pihak yang mengetahui kejadian itu.

Baik pandangan positif dari pihak pengguna bangunan, Aparat petugas pemadam kebakaran dan bahkan media yang meliput kejadian kebakaran tersebut.

Singkatnya dengan adanya sistem deteksi dan peringatan dini bahaya kebakaran maka banyak positif hal yang mereka peroleh!

 


3. Tanda Darurat Siaga 1

Manfaat Sistem Deteksi dan Peringatan Dini Bahaya Kebakaran yang pertama bagi pemilik atau pengelola bangunan
adalah mengetahui adanya bahaya kebakaran saat api masih mudah di kendalikan.

Dan bukan pada saat api telah membesar dan menjadi sulit untuk dikendalikan!

Sebab dengan adanya sistem deteksi dan peringatan dini bahaya kebakaran semua pihak baik dari pemilik, pegelola dan pengguna bangunan wajib merespon tanda peringatan bahaya ini.

Dengan memberlakukan “Kondisi Darurat” dalam upaya mencegah Kebakaran pada bangunan tersebut, sehingga masing – masing pihak bisa melakukan upaya pamadaman api dan evakuasi penyelamatan jika diutuhkan.

 


4. Sinyal Darurat Peringatan Evakuasi Gedung

Sistem Deteksi dan Peringatan Dini Bahaya Kebakaran juga merupakan “Sinyal Darurat” bagi pengguna atau pengunjung yang ada pada bangunan.

Pada saat pengguna atau pengunjung bangunan berada didalam bangunan umumnya mereka tidak menyadari adanbya bahaya apapun sampai terdengar tanda bahaya kebakaran.

Disaat itulah kepanikan mereka akan terjadi dan jika mereka tidak terlatih menghadapi situasi darurat kebakaran, maka dpastikan akan menimbulkan kekacauan pada proses evakuasi.

Untuk itu diperlukan “Latihan Evakuasi” yang wajib dilakukan secara rutin oleh pengguna bangunan, minimal setahun sekali.

Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman nyata pada penggunan gedung pada saat kondisi darurat bahaya kebakaran terjadi pada bangunan yang mereka gunakan.

 


5 Titik Awal SIAGA 1 Tim Fire Marshal

Dengan aktifnya sistem deteksi dan peringatan dini bahaya kebakaran, maka akan menjadi titik awal SIAGA 1 bagi Tim Fire Marshal yang ada.

Detik itu juga, apapun yang sedang mereka lakukan saat itu juga ! Wajib mereka tinggalkan dan abaikan dan sesegera mungkin mereka harus menuju sumber api dan memedamkannya secara langsung.

Atau berlari secepatnya ke Pos Utama untuk menerima instruksi evakuasi seluruh penghuni gedung dari pengelola gedung atau Intruktur mereka.

Jika Tim Fire Marshal telah berhasil memadamkan api, maka pihak pengelola gedung tidak perlu memanggil Petugas Pemadam Kebakaran.

Mereka hanya perlu memberikan laporan peristiwa kabakaran yang terjadi yang meungkin membutuhkan pemeriksaan lokasi kejadian guna pembuatan “Berita Acara Kejadian Perkara”.

 


3 Jenis Sistem Deteksi dan Peringatan Dini Bahaya Kebakaran saat ini ?

Secara umum terdapat 3 jenis Sistem Deteksi dan Peringatan Dini Bahaya Kebakaran yyang beredar luas sekarang ini, yaitu ;

1. Non Addressable (Konvensional) System.

2. Semi Addressable (Adressed) System.

3. Full Addressable (Multy) System.

Ketiga jenis Sistem Deteksi dan Peringatan Dini Bahaya Kebakaran ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Resiko Nyata Pada Bangunan Tanpa Sistem Deteksi dan Peringatan Dini Bahaya Kebakaran

Apa yang akan anda lakukan jika anda dipersalahkan atas hilangnya 1 nyawa hanya karena enggan memasang sistem deteksi dan peringatan dini bahaya kebakaran ?

Pertanyaan ini mungkin terdengar cukup kejam, namun itulah kenyataan yang mengkin akan dihadapi bagi pemilik atau pengelola bangunan pada saat terjadi peristiwa kebakaran.

Karena pada kenyataannya saat ini masih banyak pihak yang merasa tidak membutuhkan Sistem Deteksi dan Peringatan Dini Bahaya Kebakaran.

Padahal ancaman bahaya, kerugian bahkan sanksi hukum pidana sudah jelas, untuk itu anda bisa mengetahuinya pada artikel kami yang berjudul “10 Resiko Bangunan Yang tidak mengunakan Sistem Deteksi dan Peringatan Dini Bahaya Kebakaran“.

Maka jika dengan demikian fitalnya Sistem deteksi dan peringatan dini bahaya kebakaran apakah kita masih akan berpikir soal harga ?

Pikirkan berapa banyak jiwa yang bisa kita selamatkan ?

Pikirkan berapa nilai aset bangunan yang bisa kita jaga dari bahaya kebakaran ?

 

Semoga Bermanfaat !