6 Cara Mencegah Kebakaran di Rumah

via Pixabay (6 Cara Mencegah Kebakaran di Rumah)

Kebakaran jadi momok paling menakutkan. Dengan adanya kebakaran itu, rumah, harta benda, dan segala atribusi lain yang menjadi obyek kebakaran akan hangus dilahap api. Kebakaran terjadi secara tiba-tiba. Kebakaran terjadi secara cepat sehingga tidak sempat mengevakuasi barang-barang bawaan yang dibawa saat kebakaran terjadi. Maka dari itu pencegahan kebakaran sangat diperlukan agar tidak ada kebakaran dan korban-korban yang ditimbulkan.

Proses Pemadaman Api Kebakaran yang Ada di Indonesia

Proses pemadaman api kebakaran yang ada di Indonesia menggunakan cara-cara cepat. Dinas Pemadam Kebakaran di Indonesia sudah bekerja dengan sangat baik. Alat pemadam kebakaran berupa mobil di Indonesia disebut dengan Damkar. Fungsi Damkar sangat vital yaitu untuk menyalurkan air dari tangki Damkar lalu disalurkan melalui truk pemadam kebakaran.

Mobil Damkar biasanya mendapatkan air dari sumber-sumber air terdekat. Sumber air terdekat yang dibawa menggunakan damkar yaitu melalui sungai atau kanal. Setiap Damkar mempunyai kapasitas tangki air masing-masing. Ada Damkar dengan kapasitas sedang, menengah, kecil disesuaikan dengan intensitas kebakaran yang ditangani.

Mobil Damkar umumnya mempunyai daya semprot yang lebih kencang. Mobil Damkar yang mempunyai daya semprot lebih kuat cukup mampu untuk memadamkan api baik dalam sekala besar maupun sekala kecil. Kendati alat pemadam kebakaran terkadang mampu menjinakan api sebelum semuanya terbakar habis, ada baiknya Anda melakukan pencegahan dulu yaitu dengan melakukan beberapa cara sebagai berikut:

Menjauhkan Alat Pemantik Kebakaran Jauh Dari Anak-Anak

Alat pemantik korek kerap tersenggol dan kemudian membakar seluruh ruangan gedung, sekolah, perkantoran, dan ruang maupun gedung lain yang mudah terbakar. Oleh karena itu, pencegahan kebakaran dengan menjauhkan alat pemantik api kepada anak-anak menjadi cara pencegahan paling tepat. Anda bisa menjauhkan korek dari anak-anak. Simpan korek dan pemantik kebakaran lainnya setinggi mungkin sehingga tidak mudah dijangkau oleh anak-anak.

Menjauhkan Sumber Api Dari Barang-Barang yang Mudah Sekali Terbakar

Jangan pernah Anda menyimpan pakaian di dapur. Jangan pernah juga Anda menyimpan bensin di dapur. Ketika api dinyalakan dari kompor, bisa saja api tersebut menyambar benda-benda yang mudah terbakar tersebut. Apalagi kebakaran yang diakibatkan oleh pakaian sangat susah dipadamkan. Api sangat sulit untuk dipadamkan jika rumah atau gedung yang terbakar di dalamnya banyak menyimpan pakaian.

Gunakanlah Perangkat Elektronik Sesuai Dengan Standarnya

Ada suatu kasus kebakaran rumah terjadi yang disebabkan oleh penggunaan barang elektronik yang tidak wajar. Ketidak wajaran penggunaan perangkat elektronik tersebut yaitu dengan memodifikasi arus masuk dan arus keluar. Modifikasi yang semacam ini kerap berujung petaka. Dimana kerap terjadi korsleting listrik lalu kegagalan arus listrik tersebut kemudian menyambar ke benda-benda lainnya. Dalam waktu singkat tak terelakan, kebakaran akan menghiasi seluruh ruangan. Kebakaran akibat hubungan arus pendek listrik biasanya cukup sulit untuk dipadamkan. Penanganan pemadaman listrik akibat perubahan arus pendek perlu menggunakan treatmen khusus. Jadi pastikanlah selalu Anda menggunakan perangkat elektronik yang sesuai standar-nya. Sangat tidak disarankan Anda memodifikasi alat elektronik sehingga membahayakan keselamatan Anda sendiri.

Terapkanlah Instalasi Hydrant Kebakaran di Rumah, Kantor, Gedung, Pabrik, dan Tempat Lain yang Rawan Akan Kebakaran

Agar kita bisa mencegah kebakaran meluas. Maka sangat disarankan untuk Anda menerapkan instalasi pemasangan hydrant. Sudah banyak rumah-rumah di neraga eropa yang memasangkan hydrant di depan rumah. Instalasi hydrant ini sangat vital peranannya untuk mencegah kebakaran meluas. Saat alat Damkar tidak lagi mampu mengambil air dari sungai atau sumber-sumber lainnya, adanya pompa hydrant itu bisa sangat membantu karena hydrant banyak menyimpan persediaan air. Anda sangat disarankan untuk melakukan instalasi hydrant untuk mencegah kebakaran meluas.

Siapkanlah Alaram Pendeteksi Kebakaran Pada Rumah, Kantor, Gedung Manufactur, Pabrik, dan Daerah-Daerah Rumah yang Rawan Akan Kebakaran Lainnya

Seringkali kebakaran terjadi begitu cepat dan kita tidak bisa mencegah kebakaran itu sama sekali karena ketiadaan sistem alaram kebakaran yang terpasang pada rumah, kantor, gedung manufactur, pabrik dan daerah-daerah rawan kebakaran lainnya. Padahal teknologi peringatan kebakaran saat ini sudah mengalami perkembangan yang sangat canggih.’

Dari kecanggihan sistem red notice kebakaran itu, ditemukanlah beberapa sensor anti kebakaran yang sudah sangat banyak diterapkan pada negara-negara maju. Berikut ada beberapa sensor pendeteksi kebakaran yang perlu Anda terapkan pada rumah, gedung sekolah, pabrik, rumah sakit dan tempat-tempat rawan kebakaran lainnya.

Pertama, alat pendeteksi asap. Sekarang sudah ditemukan alat deteksi kebakaran yang sangat canggih. Alat deteksi kebakaran itu mempunyai cara kerja deteksi terhadap asap. Ketika asap keluar dalam jumlah yang sangat banyak, maka sistem detector kebakaran akan menganalisa asap tersebut menjadi simbol ancaman. Asap yang diterima melalui sistem sensorik akan memproses informasi tersebut sebagai tanda bahaya. Kemudian sensor bahaya itu akan dibunyikan melalui peringatan alaram peringatan kebakaran. Alaram peringatan kebakaran yang didengar secara jelas oleh penghuni rumah, pabrik, sekolah, rumah sakit, atau daerah-daerah rawan kebakaran lainnya inilah yang bisa menjadi media peringatan dini.

Kedua, alat pendeteksi api. Pada alat pendeteksi api, sensor akan mempelajari obyek berkobar dalam wujud api. Objek yang diterima oleh sistem sensorik kemudian diproses menjadi tanda atau simbol ancaman kebakaran. Saat ada tanda-tanda ancaman kebakaran terjadi, maka alaram akan berbunyi dengan sangat keras. Alaram akan memproses tanda bahaya tersebut yang kemudian didengar oleh penghuni rumah, pabrik, sekolah, kampus, penghuni pabrik, maupun ruang-ruang lain yang terjadi kebakaran.

Ketiga, alat pendeteksi panas. Kemampuan alat pendeteksi panas dalam pencegahan kebakaran juga sangat canggih karenanya sensor-nya yang bekerja secara obyektif. Sensor pada alat pendeteksi kebakaran ini akan mengirimkan sirine lalu membunyikan sirine tersebut sebagai ancaman kebakaran. Nah dari kerja sensor alaram kebakaran itu kita mendapati bahwa sensor anti kebakaran di era sekarang sudah sangat maju sekali bukan?

Simpan Uang dan Barang-Barang Berharga Lain Baik Dalam Bentuk Emas Maupun Berlian ke Dalam Brankas

Simpanlah uang yang Anda miliki dalam brankas. Penyimpanan uang dalam brankas sangat efektif karena sifat dari brankas yang mampu melindungi uang dari kobaran api. Uang yang disimpan dalam brankas akan tetap aman-aman saja. Uang tersebut akan aman dan tak terbakar.

Belilah Alat Pemadam Kebakaran APAR

Pencegahan kebakaran lain yang sangat direkomendasi yaitu dengan beli alat pemadam kebakaran APAR. Cara ini sangat efektif karena alat pemadam kebakaran APAR mampu menggembosi api yang berkobar sangat besar. Dalam hitungan detik saja api bisa dipadamkan jika Anda menggunakan alat pemadam kebakaran APAR. Nah, bagi Anda yang sedang ada rencana pengadaan APAR, PT. GMP jual APAR berbagai merek dengan kualitas terbaik. Ada banyak kelebihan yang bakal didapatkan jika beli APAR di PT. GMP. Selain harga APAR yang terjangkau, kualitas APAR yang disediakan oleh PT. GMP juga awet dan berkualitas.