8 KELEBIHAN BAHAN PEMADAM API JENIS DRY CHEMICAL POWDER (BUBUK KIMIA KERING) DALAM MEMADAMKAN KEBAKARAN

Gambar Alat Pemadam Api Ringan (APAR) STARVVO

Apa saja 8 Kelebihan Bahan Pemadam Api Jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering) Dalam Memadamkan Kebakaran bagi Anda ?

Jika ada bahaya yang paling ditakuti manusia, maka selain bencana alam, maka ancaman bahaya kebakaran adalah bencana yang paling menakutkan.

Hal ini karena bahaya Kebakaran merupakan ancaman nyata dalam kehidupan manusia yang tidak hanya bisa merenggut nyawa, namun juga bisa menimbulkan kerugian material.

Maka untuk itu diperlukan solusi yang cepat untuk mencegah dan menanggulangi ancaman bahaya kebakaran pada Aset yang Anda miliki.

Yang mampu melindungi aset Rumah, Tempat usaha, Kantor Pabrik Gudang bahkan hingga kendaraan umum maupun kendaraan pribadi kita.

Penggunaan bahan pemadam api jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering)

Namun dari semua jenis bahan pemadam api yang tersedia dipasaran, ada satu bahan yang dikenal kuas sebagai media pemadam api yang paling banyak dipergunakan baik pada aset sipil, perusahaan maupun milik pemerintah.

Bahan ini sering digunakan dan disimpan dalam tabung APAR dan mudah kita jumpai disekitar fasilitas gedung atau bangunan tersebut.

Media bahan pemadam api terfavorit itu adalah jenis bahan pemadam api jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering).

Struktur dasar Bahan pemadam api jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering)

Bahan pemadam api jenis ini sudah lama dikenal berbagai pihak sebagai bahan andalan dalam mencegah dan mengatasi ancaman bahaya kebakaran.

Bahan APAR Powder ini mengandung kombinasi dari bahan Monoammonium Fosfat dan Amonium Sulfat.

Yang diketahui memiliki raksi kimia aktif yang unik jika terkena panas api dalam zona kebakaran.

Pola Pemadaman Api pada Bahan pemadam api jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering)

Dry Chemical powder memiliki titik lebur yang rendah dan partikelnya yang sangat kering memiliki sifat yang unik sebab pada saat terkena panas Api. 

Maka partikel kimia kering ini akan membesar seketika, sehingga akan menjadi penghalang bagi oksigen bebas untuk menyentuh nyala api.

Sehingga api menjadi semakin mengecil akibat kekurangan Oksigen hingga pada akhirnya api akan segera mengecil dan padam.

8 Kelebihan Bahan Pemadam Api Jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering) Dalam Memadamkan Kebakaran

Keputusan Anda dalam memilih APAR terbaik akan memberikan Anda keunggulan dalam menghadapi ancaman bahaya kebakaran.

Semakin anda mengenal dan memahami jenis APAR yang akan anda gunakan, maka penanganan bahaya kebakaran akan semakin cepat.

Mengingat penyebaran api tergolong sangat cepat, karena ternyata api kecil bisa menjadi kobaran api yang sangat besar dan panas hanya dalam waktu 70 detik saja.

Maka untuk itu Anda wajib mengetahui 10 Kelebihan Bahan Pemadam Api Jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering) Dalam Memadamkan Kebakaran ini, yaitu ;

1. Harga yang sangat terjangkau bagi semua lapisan Masyarakat

Memiliki sebuah alat pemadam pertama kali selalu dikaitkan dengan faktor harga, dimana semua orang suka dengan produk murah yang berkualitas dan efektif dalam memadamkan kebakaran.

Kabar baiknya, bahan pemadam api jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering) ini dikenal memiliki harga yang paling murah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat.

Terlebih bagi yang ingin memiliki APAR untuk melindungi “Aset yang bernilai tinggi” seperti Rumah, Kantor, Pabrik, Toko dan aset lain yang Anda miliki.

Semua orang yang ingin memiliki alat pemadam kebakaran bisa dengan mudah memilikinya dengan harga yang sangat terjangkau dan tidak menjadi beban yang memberatkan mereka.

Jadi apapun latar belakang Anda maka Anda bia melindungi aset Anda dengan APAR berbahan pemadam api jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering) ini.

2. Ketersediaan Stok persediaan bahan yang jumlahnya sangat banyak dan melimpah

Dengan semua keunggulan yang dimiliki oleh bahan pemadam api jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering) dalam memadamkan api.

Jika dibandingkan dengan banyaknya model bangunan milik masyarakat yang harus dilindungi, maka hal ini tentu saja menimbulkan tingginya permintaan akan bahan ini menjadi sangat tinggi.

Untuk itu maka banyak produsen Alat Pemadam Kebaakaran yang memproduksi bahan aktif ini dalam jumlah yang sangat besar.

Tujuannya adalah agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan akan rasa aman dari bahaya kebakaran dengan menggunakan bahan pemadam api dengan jumlah yang tidak terbatas.

3. Jarak Pemadaman Api paling jauh

Banyak orang yang mengeluhkan timbulnya bahaya lain yang timbul saat memadamkan kobaran api.

Yaitu dengan timbulnya hawa panas tinggi yang bisa membakar kulit.

Namun disaat yang sama Anda harus segera memadamkan api secepat-cepatnya, agar api tidak berkobar lebih besar dan menjadi sulit untuk dipadamkan.

Maka berkat adanya penambahan Gas N2 (Nitrogen) yang menjadi media pendorong utama dalam menyemprotkan bahan pemadam api jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering) ini.

Maka hal ini tentu memberikan keuntungan bagi pengguna APAR yang tidak perlu mendekat ke sumber api, karena tekanan Gas N2 (Nitrogen) yang tinggi.

Dengan menggunakan tekanan Gas N2 (Nitrogen) sebagai media gas pendorongnya, maka semburan bahan pemadam api jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering) hingga mencapai jarak hingga 6 meter (Starvvo Tes Lab Dinas Damkar DKI).

4. Super Cepat dalam memadamkan api

Dry Chemical powder juga memiliki Dengan sifatnya yang unik yaitu tingkat titik lebur yang rendah maka memabuat bahan pemadam api jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering)

Sebab pada saat partikel sangat kering ini terkena panas Api, maka secara seketika ia kaan membesar dan menutupi bagian permukanaan benda yang sedang terbakar.

Karena kecepatan reaksi kimia yang dimiliki bahan ini dalam pemadaman api maka tidak mengherankan jika bahan ini mampu memadamkan api dengan kecepatan yang luar biasa.

Bahan ini dikenal mampu memadamkan api dengan kecepatan yang luar biasa bahkan hingga mencapai 3 detik saja (Starvvo Tes Lab Dinas Damkar DKI).

Karena kita ketahui bahwa dalam sebuah upaya pemadaman api “Kecepatan adalah segalanya” karena penyebaran api bisa terjadi hanya dalam waktu dibawah 60 detik saja

Jadi bisa kita bayangkan betapa cepatnya api menyebar dan membakar semua benda yang ada dalam sebuah ruangan, maka lamban dalam penanganan sama saja kerugian akan semakin besar.

5. Media Pemadam Api serbaguna untuk jenis Kelas Kebakaran ABC

Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dalam melindungi aset mereka dari bahaya kebakaran, maka dibutuhkan bahan pemadam api yang bisa diandalkan.

Sejak ditemukannya bahan pemadam api jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering) ini, maka hal ini kemudian menjadi harapan baru dalam menciptakakn rasa aman.

Baik itu untuk kebakaran yang terjadi pada berbagai jenis permukaan benda padat atau cair yang mudah terbakar, hingga permukaan benda yang memiliki tegangan listrik yang dapat kita pelajari dalam “Kelas Kebakaran”.

6. Dapat menahan radiasi panas dengan kabut (serbuk) partikelnya.

Dalam memadamkan api akan terdapat hawa panas yang dihasilkan sebuah kebakaran biasa disebut juga dengan “Radiasi Panas”.

Terdapat resiko lain dalam proses pemadaman kebakaran, hal ini disebabkan karena dalam sebuah kebakaran yang kecil saja bisa mencapai suhu panas antara 400 – 800 derajat Celcius.

Kodisi ini tentu panas setinggi ini bisa menimbulkan hawa panas disekitar Api yang berkobar, maka dibutuhkan media yang mampu mendinginkan suhu panas ini secara cepat dan drastis.

Penggunaan bahan pemadam api jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering) ini ternyata bisa mengatasi masalah panas ini.

7. Aman bagi Manusia, Hewan & Tumbuhan (Non Toxic).

Bahan ini dikenal aman bagi manusia, hewan & tumbuhan (Non Toxic) menurut standar penguunaannya berdasarkan rekomendasi pemerintah melalui Dinas Pemdam Kebakaran di Indonesia.

Dengan aturan yang ketat dan penangan baik dan profesional perusahaan produsen Bahan pemadam api jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering) ini.

Tidak hanya menjadi bahan yang sangat efektif dalam memadamkan api, namun juga sangat aman digunakan bagi penguna pemula dan masyarakat awam sekalipun.

8. Memberikan Rasa Tenang dan Rasa Aman bagi Penggunanya

Dngan keberadaan bahan pemadam api jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering) pada semua lokasi aset dan fasilitas masyarakat.

Dengan semua keungulan inilah, maka tidak mengherankan jika membuat bahan ini dengan cepat menarik perhatian dan menjadi andalan semua orang dalam memadamkan Kebakaran.

Kesimpulan

Demikianlah bahan pemadam api jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering)

Namun jenis  APAR Powder ini masih meninggalkan residu (bekas) setelah penggunaannya, hal dikarenakan APAR jenis ini berbahan dasar bubuk kimia kering yang merupakan kombinasi dari fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate.

Jenis bahan APAR lain

Terdapat berbagai jenis bahan pemadam api lain selain bahan pemadam api jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering) yang paling populer digunakan oleh Masyarakat, seperti ;

1. Bahan Carbon Dioxide (CO2) untuk kebakaran kelas BC.
2. Bahan Liquid Foam AFFF untuk kebakaran kelas AB.
3. Bahan Liquid Gas (AF11 dan AF36) untuk kebakaran kelas ABC.

Terdapat bahan pemadam api lain yang bisa dipergunakan untuk memadamkan kebakaran, namun wajib disesuaikan dengan jenis kelas kebakaran yang terjadi.

 

Semoga Bermanfaat.