ALAT PEMADAM API RINGAN APAR CHEMICAL POWDER ABC ROYAL 9 KG ATASI KEBAKARAN KELAS B AREA DAPUR HOTEL BINTANG 1

Alat Pemadam Api Ringan APAR Chemical Powder ABC ROYAL 9 kg Atasi Kebakaran Kelas B Area Dapur Hotel Bintang 1

Alat Pemadam Api
Suasana Sarapan Pagi Hotel Bintang 1

Jika ada satu hal yang membuat semua orang pasti setuju, bahkan termasuk anda dan saya, maka hal itu tentu adalah MAKAN !

Siapa yang tidak suka makan ? Semua orang di dunia tentu sangat menyukainya, setiap hari kita melakukannya.

Dari pagi, siang, sore hingga malam, makan sudah menjadi kegiatan wajib yang tidak akan kita lewatkan dan tentu saja termasuk tamu hotel bintang 1 Anda juga.

 

I. Fasilitas Dapur Hotel Bintang 1

Alat Pemadam Api
Fasilitas Dapur Hotel Bintang 1

Setiap Tamu Hotel umumnya mendapatkan layanan makan pada saat sarapan pagi (breakfast) atau juga melalui layanan makan dikamar Hotel (Room service).

Dan kedua layanan inilah yang sebenarnya menjadi salah satu “Daya Tarik” tersendiri yang akan selalu dicari oleh Tamu hotel.

Dan kedua layanan terbaik Hotel bintang 1 ini hanya dibuat disatu lokasi, yaitu di fasilitas Dapur Hotel Bintang 1.

Jadi fasilitas Dapur Hotel Bintang 1 ini memiliki fungsi dan potensi yang besar dalam meningkatkan jumlah pengunjung hotel.

 

A. Manfaat Fasilitas Dapur Hotel Bintang 1

Fasilitas Dapur Hotel Bintang 1 juga memiliki peran yang sangat penting bagi kemajuan bisnis hotel anda secara keseluruhan.

Sebab bbisa saja pelayanan sebuah hotel terlihat sangat baik, namun jika menu masakan yang berasal dari Fasilitas Dapur Hotel Bintang 1 tersebut tidak enak.

Maka jelas sudah, bahwa ingatan tentang rasa makanan yang berasal dari fasilitas Dapur Hotel Bintang 1 ini selamanya akan membekas dalam ingatan tamu hotel tersebut.

Sebab jika kita lihat bahwa pelayanan yang baik bisa kita dapatkan dengan mudah dari semua hotel, akan tetapi rasa masakan yang istimewa tidak semua hotel memilikinya !

Untuk itu jelas sudah, bahwa manfaat Fasilitas Dapur Hotel Bintang 1 tersebut ternyata dapat menambah penilaian positif tamu hotel.

 

II. 5 Potensi Bahaya Kebakaran Pada Fasilitas Dapur Hotel Bintang 1

Akan tetapi sekalipun fasilitas Dapur Hotel Bintang 1 ini terbukti mampu meningkatkan rating penilaian tamu hotel yang puas atas menu yang dihidangkan.

Namun pada dasarnya setiap pemilik dan pengelola Hotel yang memiliki fasilitas dapur juga menyadari bahwa fasilitas dapur mereka juga memiliki berbagai resiko lain.

Yang tidak hanya berbahaya namun juga sangat merugikan, seperti adanya potensi Bahaya Kebakaran misalnya.

Semua orang tahu, bahwa fasilitas dapur, sejak zaman purba digunakan sebagai tempat memasak semua menu makanan menggunakan api.

Nah sama halnya dengan Dapur sebuah Hotel, semakin besar kapasitas dan fungis sebuah dapur maka akan semkin besar resikonya pada potensi bahaya kebakaran.

Dapur hotel adalah lokasi paling sibuk yang bisa dikatakan nyaris tanpa henti memberikan layanan, khususnya saat waktu sarapan atau makan tiba.

Baik untuk layanan makan langsung direstoran mapaun layanan mkaan di kamar (Room Service)

Banyak sekali faktor yang menjadi pemicu sebuah kebakaran dilokasi ini karena setiap harinya ada nyala api langsung yang dipergunakan untuk memasak semua menu makanan hingga minuman.

Sedikit kesalahan saja bisa berakibat fatal, selain bisa mencelakai pegawai hotel, kasus kebakaran di area ini juga bisa menimbulkan kerusakan hebat pada bangunan.

Maka untuk melindungi area dapur maka diperlukan berbagai jenis alat pemadam kebakaran yang dipersiapkan secara berlapis.

Banyak faktor yang menjadi sebab dan pemicu timbulnya potensi bahaya Kebakaran pada fasilitas Dapur Hotel Bintang 1, yaitu :

 

A. Potensi Bahaya Kebakaran akibat Kebocoran Tabung Gas LPG

Bukan hanya dapur hotel yang memiliki masalah dengan kebocoran Tabung Gas LPG, setiap bangunan yang menggunakan tabung gas LPG memiliki situasi yang sama.

Namun yang berbeda hanyalah kapasitasnya saja, sebab tabung Gas LPG yang terpasang pada perumahan tentu berbeda dengan kapasitas Dapur Hotel Bintang 1.

Jika pada bangunan rumah sederhana misalnya, alat Tabung Gas LPG yang terpasang pada umumnya adalah kapasita tabung ukuran 3 kg.

Hal ini juga berbeda juga dengan bangunan rumah komplek, Tabung Gas LPG yang terpasang biasanya berkapasitas 12 kg.

Dan untuk Hotel, pada fasilitas Dapur Hotel Bintang 1 tabung Gas LPG yang terpasang biasanya adlaah ukuran 50 kg.

Yaitu tabung gas dengan kapasitas paling besar, yang dirancang khusus untuk kebutuhan industri, contohnya tentu seperti fasilitas Dapur Hotel Bintang 1 ini.

Maka karena itu potensi Bahaya Kebakaran akibat dari Kebocoran Tabung Gas LPG pada fasilitas Dapur Hotel Bintang 1 masih cukup tinggi.

Karena dengan tingginya tekanan yang ada pada tabung Gas sebesar itu, tentu harus memiliki disertai dengan sistem keamanan tinggi.

 

B. Potensi Bahaya Kerusakan Kompor Gas

Berapa banyak kasus kebakaran yang terjadi di indonesia ternyata merupakan akibat dari kerusakan yang terjadi pada kompor gas ?

Mungkin bisa dikatakan bahwa 50% dari kasus kebakaran yang terjadi di Indonesia adalah akibat dari kerusakan yang terjadi pada kompor gas.

Jika sistem pengaman pada Tabung Gas sudah sangat baik, namun kompor gas yang digunakan ternyata bermaalah.

Maka hanya masalah waktu saja, potensi bahaya kebakaran dapat terjadi sewaktu-waktu.

 

C. Potensi Bahaya Kerusakan Oven

Tidak semua bangunan hotel bintang 1 memiliki alat jenis Oven,

 

D. Potensi Bahaya Meninggalkan Kompor Menyala

percaya atau tidak ada kasus kebakaran yang terjadi karena dipicu dari hal sepele, seperti kebiasaan meninggalkan Kompor menyala.

 

E. Potensi Bahaya Tumpahan Minyak Sayur

Pernahkah Anda memasak dan secara tiba-tiba api membesar akibat minyak sayur yang meluap, karena kompor dalam keadaan panas yang sangat tinggi ?

 

III. Alat Pemadam Kebakaran Khusus Dapur Hotel Bintang 1

Nah jika anda telah mengetahui bahwa potensi bahaya kebakaran pada fasilitas dapur hotel sedemikian tingginya dan sangat berbahaya.

Lalu sekarang bagaimana dengan upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran selanjutnya ?

Langkah apa saja yang harus Anda ambil dalam melindungi fasilitas dapur hotel anda dari bahaya kebakaran ?

Sebelu anda menentukan langkah-langkah tersebut sebaiknya kita teliti terlebih dahulu, seperti apa jenis potensi bahaya kebakaran yang mungkin bisa terjadi di sini.

 

A. Jenis Kebakaran Paling Berbahaya

Dalam kasus kebakaran fasilitas Dapur Hotel bintang 1, kebakaran yang terjadi itu termasuk dalam kategori jenis kebakaran kelas B.

Hal ini dikarenakan terdapat unsur bahan bakar Gas LPG yang merupakan jenis bahan bakar murni yang mudah terbakar bahkan meledak.

Jangankan api kecil seperti dari nyala sebuah korek api, percikan api kecil saja seperti pematik kompor gas saja bisa menimbulkan nyala api.

Namun yang sangat berbahaya dari jenis kebakaran kelas B pada bahan Gas LPG ini justru bukan pada nyala apinya.

Melainkan akibat adanya reaksi berantai yang terjadi di udara, dimana pada kasus kebakaran karena kebocoran gas ini, api akan mencapai titik ledakan.

Umumnya ledakan yang dihasilkan cukup dahsyat sehingga bisa membakar dapur dan bangunan dalam waktu sekejab dan hal inilah yang paling mengerikan.

Pada jenis kebakaran kelas B ini, api tidak membutuhkan waktu hingga 50 detik untuk menjadi besar melainkan akan terbentuk hanya dalam waktu 1 detik saja.

 

B. Jenis Bahan Alat Pemadam Api

Dalam menghadapi potensi bahaya kebakaran yang mungkin terjadi di area Dapur Hotel Bintang 1 tersebut bukanlah masalah yang sederhana.

Hal ini karena dalam untuk menghadapi jenis kebakaran kelas B, sebaiknya kita tidak menggunakan sembarang alat pemadam kebakaran.

Misalnya anda menggunakan bahan pemadam tradisional seperti air, karena fakt membuktikan bahwa ternyata air justru sangat berbahya untuk digunaklan pada jenis kebakaran kelas B ini.

Alasannya adalah karena air tidak dappat menyatu dengan minyak, atau benda yang memiliki kandungan miyak.

Bahkan dpaat membuat api menjadi semakin besar, sehingga sulit untuk dipadamkan dan memiliki suhu yang sangat pana.

untuk itu penggunaan bahan air sangat berbahaya, maka untuk memadmkan kebakaran kelas B ini dibutuhkan aat pemadam kebakaran khusus.

Yang tidak hanya mempu memadamkan api dengan cepat, tapi juga mempu memberika rasa aman bagi orang yang menggunakannya.

 

C. Pilihan Alat Pemadam Api Paling Tepat

Maka sebagai lanngka alternatif yang alternatif yang efektif dan efisien, maka orgnisasi National Fire Protection Asocciate NFPA yang berasal dari Amerika serikat.

Memberikan solusi memadamkan kebakaran tanpa masalah, yang saat ini telah menjadi standar aturan baku dalam upyaa menghadapi jenis kebakaran kelas B trsebut.

 

D. Ketentuan Kapasitas Alat Pemadam Api

  • Potensi Bahaya kebakaran : Tinggi.
  • Kelas Kebakaran : Kelas B (Bhan Bakar Gas)
  • Pemicu kebakaran : Bara Api Rokok, korsleting listrik dari alat elektronik dan lain-lain.
  • Jenis Alat Pemadam Api : APAR Chemical Powder ABC ROYAL
  • Ukuran / Kapasitas : 9 kg.
  • Jumlah Minimal : 15 unit (1 unit tiap kamar).
  • Posisi : Pintu masuk setiap ruangan.
  • Langkah Pencegahan : Pastikan Tamu tahu aturan keamanan dan keselamatan hotel.

 

E. Spesifikasi Alat Pemadam Api Ringan Chemical Powder ABC ROYAL 9 kg

  • Berat Isi : 9 kg
  • Tinggi Tabung : 60 cm
  • Diameter : 22 cm
  • Berat Keseluruhan : 13,7 kg
  • Fire Rating (Lab. Damkar) : 10A – 60B
  • Efektifitas Penyemprotan (%) : 95%
  • Jarak Penyemprotan : 4 – 14 m
  • Tekanan Kerja : 15 – 25 Bar
  • Tekanan Percobaan : 27 Bar
  • Efektifitas Pemadaman : 5 – 10 detik
  • Temperatur : 20 – 50 ° C
  • Finishing : Stiker Vinyl
  • Unsur Bahan Kimia : Cek Di sini.
  • Cara Kerja Bahan Kimia : Cek Di sini.

 

F.  15 Kelebihan Alat Pemadam Api Ringan Chemical Powder ROYAL 9 kg

  1. Multi Fungsi Untuk Memadamkan 3 Kelas Kebakaran ABC
  2. Memiliki Sertifikat Laboraturium Dinas Pemadam Kebakaran (Fire Rating)
  3. Tingkat Efektifitas Pemadaman baik di ruang tertutup dan ruang terbuka.
  4. Tekanan Daya Sembur Yang sangat Kuat
  5. Kecepatan Pemadaman
  6. Membantu Proses Pendinginan
  7. Kualitas Tabung APAR Tahan Panas Suhu Ruangan Terbakar
  8. Tabung Tahan Bentur dan Tekanan
  9. Aman bagi Manusia, Hewan & Tumbuhan (Non Toxic).
  10. Mudah digunakan dan dibawa
  11. Proteksi Maksimal Keselamatan Jiwa Bangunan Dan Nama Baik Perusahaan.
  12. Memberikan Rasa Tenang dan Rasa Aman bagi Penggunanya
  13. Kapasitas Tabung Sesuai Dengan Kondisi Hotel Bintang 1
  14. Memiliki Petunjuk Penggunaan, Perawatan & Penyimpanan yang Lengkap.
  15. Aksesories Tabung Yang Lengkap.

Lihat penjelasan lengkapnya di sini !

 

G. Distributor Tabung Alat Pemadam Api Ringan APAR Chemical Powder ABC ROYAL 9 kg dan berbagai peralatan pemadam kebakaran dan savety berstandar Internasional

  • Izin Usaha Alat Pemadam Kebakaran
  • Sertifikasi Internasional
  • Sertifikasi Nasional
  • Penghargaan
  • Portofolio

Info selengkapnya, cek di sini !

 

H. Layanan Jasa Pendukung Alat Pemadam Api Ringan APAR Chemical Powder ABC ROYAL 9 kg

  • Jasa Pengiriman & Instalasi.
  • Jasa Pelatihan Standar Pemadam Kebakaran Karyawan.
  • Jasa Sertifikasi UPKBG.
  • Jasa Peningkatan Standar Bangunan & Gedung

Info selengkapnya, cek di sini !

 

Kesimpulan

Dengan hadirnya Alat Pemadam Api Ringan APAR ROYAL ABC 9 kg di dapur dpat memberikan rasa aman bagi semua karyawan hotel.

Semoga Bermanfaat & terima kasih.