Alat Pengaman Untuk Mencegah Terjadinya Kebakaran

Toko Alat Pemadam Kebakaran di Semarang
Tabung pemadam kebakaran murah, harga tabung pemadam kebakaran terjangkau

Mencegah terjadinya kebakaran adalah hal yang sangat penting untuk di perhatikan karena api merupakan suatu reaksi kimia oksidasi cepat yang terbentuk dari tiga unsur yaitu panas, oksigen dan bahan yang mudah terbakar. Api akan menghasilkan panas dan juga cahaya. Api kecil sangat berguna bagi kehidupan manusia akan tetapi api jika sudah berubah menjadi besar dan tidak bisa dikendalikan justru akan membahayakan manusia karena berpotensi menjadi kebakaran.

Kejadian yang muncul karena reaksi oksidasi eksotermis yang berlangsung dengan cepat dari suatu bahan bakar disertai dengan timbulnya api merupakan definisi dari kebakaran. Kebakaran akan menimbulkan berbagai kerugian seperti materi dan kebakaran juga akan menghasilkan berbagai zat yang berdampak buruk bagi tubuh.

Cara paling ampuh untuk mencegah dan memadamkan kebakaran yaitu dengan menggunakan Alat Pengaman yang disebut dengan Alat Pemadam Api baik portable maupun trolley. Dengan menggunakan tabung pemadam kebakaran maka api bisa dipadamkan dengan baik.

Pada kebakaran bisa digolongkan menjadi 4 kategori yaitu :

  1. Kelas Api untuk Tipe A adalah jenis kebakaran yang disebabkan dari bahan biasa yang mudah untuk terbakar seperti kayu, kertas, pakaian dan sejenisnya.
  2. Kelas Api untuk Tipe B adalah jenis kebakaran yang disebabkan dari bahan cairan yang mudah terbakar seperti minyak bumi, oli, gas, lemak dan sejenisnya.
  3. Kelas Api untuk Tipe C adalah jenis kebakaran yang disebabkan dari listrik, seperti kebocoran listrik, korsleting listrik dan termasuk kebakaran pada alat-alat listrik.
  4. Kelas Api untuk Tipe D adalah jenis kebakaran yang disebabkan oleh logam seperti Seng, Magnesium, serbuk Aluminium, Sodium, Titanium dan lain-lain.

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memadamkan api kelas B yang bersumber dari cairan atau zat cair yang mudah terbakar. Cairan atau Zat cair mudah terbakar bisa dibedakan menjadi 2 yaitu zat cair non polar dan zat cair polar.

Zat cair non polar adalah cairan yang tidak dapat larut atau bercampur dengan air contohnya adalah bensin, minyak, oli, wax, cat, dan solvent. Sedangkan zat cair polar adalah cairan yang dapat larut atau bercampur dengan air. Contohnya adalah alkohol, acetone, propanol, methanol, dan sejenisnya. Potensi kebakaran B terdapat pada perusahaan minyak dan gas, pabrik cat, pabrik kimia, pom bensin, dan lain sebagainya.

Berikut merupakan cara memadamkan api kelas B yang harus anda ketahui.

Menggunakan selimut anti api

Anda dapat menggunakan selimut anti api untuk memadamkan api listrik. Akan tetapi, langkah ini hanya berlaku bila anda sudah mematikan daya dari sumbernya dengan sempurna.

Pada umumnya selimut anti api terbuat dari wol yang diolah secara kimia sehingga bagus sebagai insolator listrik. Untuk menggunakan selimut anti api, pertama-tama keluarkan selimut anti api dari kemasan.

Lalu pegang selimut dalam posisi tidak terlipat di depan anda dengan kedua tangan dan tubuh yang terlindung oleh selimut. Setelah itu taruhlah selimut anti api di atas api dan yang paling penting adalah jangan melempar selimut.

Menggunakan Alat Pengaman Kebakaran/Alat Pemadam Api

Jual Alat Pemadam Kebakaran

Alat Pengaman Kebakaran atau Alat Pemadam Api menggunakan metode pemadaman api dengan cara memutus tetrahedron api yang telah terbentuk. Jenis-jenis Tabung Pemadam Kebakaran serta cara atau metode pemadaman api yang digunakan dalam prinsip Alat Pengaman Kebakaran yang sesuai untuk memadamkan api kelas B adalah smothering.

TABUNG PEMADAM KEBAKARAN yang menggunakan metode smothering adalah TABUNG PEMADAM KEBAKARAN jenis Dry powder,foam,CO2, BCF. Prinsip kerja TABUNG PEMADAM KEBAKARAN jenis ini adalah dengan memutuskan pasokan oksigen.

Bagian-Bagian Tabung pemadam kebakaran

Tabung pemadam kebakaran adalah singkatan dari Alat Pemadam Api Ringan. Tabung pemadam kebakaran merupakan alat pemadaman yang bisa dibawa dan gunakan / dioperasikan oleh satu orang tanpa perlu bantuan orang lain. Cara pemakaian tabung pemadam kebakaran sangat mudah dan bisa dilakukan secara manual yaitu dengan cara langsung diarahkan pada posisi dimana api berada.

Tabung pemadam kebakaran memiliki beberapa keunggulan seperti mudah dibawa, cepat dan tepat untuk digunakan dalam memadamkan api saat awal kebakaran. Selain itu karena bentuknya yang portable, tabung pemadam kebakaran mudah dibawa menuju tempat kebakaran.

Di dalam tabung pemadam kebakaran terdapat berbagai spare part atau bagian-bagian dari tabung pemadam kebakaran. Diantaranya adalah safety pin, valve, lavers, tube, pressure gauge, nozzle, hose, belt atau sabuk, dan bracket. Sedangkan untuk media atau isi tabung seperti dry chemical powder, carbon dioksida atau CO2, foam AFFF ( Aqueous Film Forming Foam ) dan hydrochlorofluorocarbon ( HCFC ).

Berikut ini merupakan bagian-bagian tabung pemadam kebakaran beserta penjelasannya :

  1. Safety Pin

Safety pin berfungsi sebagai pengaman tabung agar tabung tidak mudah ditekan.

  • Valve

Valve merupakan kepala perantara dalam dan luar tabung. Berfungsi sebagai penutup dan pembuka media di dalam tabung pemadam kebakaran untuk keluar.

  • Lavers

Lavers adalah pegangan yang dapat ditekan agar media dalam tabung keluar.

  • Tube

Letak tube berada di dalam tabung dan terhubung dengan valve. Tube Berfungsi sebagai perantara media yang keluar dari tabung.

  • Pressure gauge

Pressure gauge adalah petunjuk tekanan N2 di dalam tabung pemadam atau tabung pemadam kebakaran.

  • Nozzle

Nozzle berfungsi sebagai pegangan untuk mengarahkan media tabung pemadam.

  • Hose

Hose merupakan selang penghantar media tabung.

  • Belt atau sabuk

Belt atau sabuk berfungsi untuk menahan hose.

  • Bracket

Bracket merupakan penahan tabung yang diletakkan di dinding. Jadi bracket berfungsi agar tabung bisa menempel atau di letakkan pada dinding.

Berikut ini adalah bagian-bagian TABUNG PEMADAM KEBAKARAN yang terdapat di dalam tabung :

  1. Dry chemical powder

Dry chemical powder berasal dari kombinasi fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate. Dry chemical powder memiliki titik lebur yang rendah dan bisa membentuk penghalang sehingga oksigen tidak dapat masuk.

Api tidak akan menyala jika tidak ada oksigen sehingga apabila dry chemical powder menghalangi oksigen untuk masuk pada area yang disemprot otomatis api akan padam.  

  • CO2 atau karbon dioksida

CO2 atau karbon dioksida berfungsi untuk mengikat oksigen dan mengisolasinya karena CO2 memiliki masa yang lebih berat dari oksigen. Selain itu CO2 juga memiliki suhu yang cukup dingin sehingga bisa memadamkan api dengan cara mendinginkan sumber panas pada titik api.

  • Foam AFFF (Aqueous Film Forming Foam )

Foam AFFF atau aqueous film forming foam yang keluar dari tabung akan menyelimuti bahan yang terbakar sehingga dapat memadamkan api karena oksigen tidak bisa masuk. Anda pasti sudah tahu  bahwa api membutuhkan oksigen sebagai perantara agar bisa menyala.

  • Hydrochlorofluorocarbon ( HCFC )

Hydrochlorofluorocarbon termasuk senyawa organik yang terdiri dari karbon, klorin, dan fluorin. HCFC adalah pemadam api yang bersih dan juga tidak meninggalkan residu. Hydrochlorofluorocarbon atau HCFC juga bersifat non konduktor/tidak menghantarkan listrik sehingga tidak akan menimbulkan dampak buruk seperti merusak barang-barang elektronik dan modern lainnya.

Harga APAB Tabung 25 Kg

Banyak orang awan yang kurang paham tentang apa itu APAB dan kelasnya. APAB dan TABUNG PEMADAM KEBAKARAN sebenarnya sama saja. Hanya beda pada ukurannya saja, APAB tabung 25 kg adalah alat pemadam api yang sangat fleksibel yang mampu untuk mengatasi semua jenis kelas kebakaran. Yang membuat APAB tabung 25 kg ini cocok untuk banyak instalasi dan industri-industri.

Dry chemical powder merupakan salah satu media pemadam kebakaran yang bisa digunakan untuk mengatasi hampir semua klasifikasi kelas kebakaran, antara lain, yaitu:

  • Kelas A yaitu Kebakaran yang di akibat benda padat mudah terbakar. Seperti kertas, kayu, kain, dan lain-lain.
  • Kelas B yaitu Kebakaran akibat zat cair yang mudah terbakar. Seperti bensin, alkohol, cat, dan zat lainnya.
  • Kelas C yaitu  Kebakaran yang disebabkan listrik atau elektrikal. Seperti adanya arus pendek dan konsleting.

Pada APAB tabung yang berukuran 25 kg paling banyak di aplikasikan pada fasilitas umum

  • Pada Fasilitas penyimpanan bahan bakar
  • Pada Pabrik cat
  • Pada Rumah sakit
  • Pada Gudang, dan berbagai sektor lainnya.

Media pada APAB bekerja dengan cara menutup area kebakaran dan mencegah kontak antara api dengan oksigen, jadi api bisa langsung dipadamkan dengan cara yang tepat dan juga akurat.

Penempatan APAB juga harus benar dan sesuai agar lebih aman

Nantinya Anda akan mendapatkan aksesoris dan perlengkapan tabung pemadam kebakaran berupa:

  • 1 selang APAB, dan
  • 1 Trolley

Setelah APAB yang Anda pesan datang, Anda bisa meletakkan APAB ini pada tempat yang terlindung dari terpaan cuaca atau matahari langsung. Anda bisa menaruhnya di area outdoor yang beratap atau membuatkan ruang sendiri agar letak APAB mudah dijangkau dan tetap aman dari perubahan cuaca.

Supaya tabung awet dan tidak terjadi kebocoran maka Anda harus tau bagaimana cara merawat APAB

Cara merawat APAB pada dasarnya sama seperti cara merawat alat pemadam api ringan (TABUNG PEMADAM KEBAKARAN). Anda perlu lakukan pengecekan berkala pada kondisi fisik alat pemadam api minimal 6 bulan sekali.

Apa saja komponen yang harus Anda cek?

  1. Kondisi tekanan bisa kamu lihat di pressure gauge. Kalau berada pada area hijau, APABmu dalam kondisi prima. Tapi kalau ada pada area merah, segera lakukan servis agar tekanan stabil kembali.
  2. Cek kondisi tabung apakah berkarat, penyok, atau rusak.
  3. Keberadaan selang dan kondisinya apakah masih layak digunakan atau tidak.
  4. Kondisi segel, apakah masih utuh atau sudah terbuka.
  5. Kondisi pada head grip.
  6. Kondisi pada spindle head.

Kalau sudah dilakukan pengecekan, dan terbukti aman-aman saja. Berarti tabung APAB masih bisa digunakan. Tetapi jika ada masalah pada kondisi fisik tabung APAB, segeralah melakukan service ke tempat service APAB.

Supaya menghindari terjadinya kebocoran yang bisa mengakibatkan kebakaran, ngeri kan ya. Kami juga menyediakan Harga APAB tabung 25 kg dengan harga yang terjangkau dan sudah pasti kualitasnya. Kami juga menyediakan jasa isi ulang APAB berbagai jenis, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kalau Anda males buat bawa APAB, Anda tinggal menghubungi kami dan kami langsung meluncur ke tempat Anda. Pengisian dan penyediaan APAB kami sudah sesuai standar yang ada.

Sudah banyak pelanggan yang mengaku puas dengan jasa kami.  Jadi untuk Anda yang minat membeli APAB tabung 25 kg bisa langsung menghubungi kami.