Beberapa Langkah Jika Terjadi Kebakaran

Kebakaran Besar London
Kebakaran Besar London

Beberapa hari yang lalu kita dikejutkan dengan kebakaran hebat yang melanda peternakan kandang kambing di Kudus. Kebakaran itu membunuh ratusan ekor kambing. Pada beberapa tahun yang lalu, pernah ada kebakaran dengan jumlah manusia terbayak. Salah satu kebakaran terparah yang merenggut banyak manusia yaitu kebakaran besar New York abad ke-18. Kebakaran ini membunuh lebih dari 80 orang. Belum lagi kerugian harta benda yang hilang sia-sia akibat bencana kebakaran ini. Kebakaran adalah salah satu insiden yang harus diwaspadai di lingkungan apa pun, termasuk di tempat kerja. Kelalaian dalam menggunakan peralatan listrik – yang dapat terjadi pada siapa saja – meningkatkan risiko percikan api yang dapat menyalakan api.

Memang, setiap tempat kerja dan bangunan lain diharuskan memiliki standar keselamatan dalam mencegah kebakaran. Namun ada kalanya standar-standar ini tidak cukup untuk mencegah munculnya api. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa langkah yang bisa diambil jika terjadi kebakaran.

Tenangkan Diri, Jangan Panik

Ketika kejadian tak terduga terjadi, panik hanya akan membubarkan konsentrasi dan mendorong munculnya kecerobohan. Penyelamatan atau rencana kerja yang sudah terjebak dalam memori juga dapat dihapus secara instan karena panik. Cobalah untuk tetap tenang dan ingat rencana kerja atau rute keselamatan lagi. Biasanya rencana atau rute keselamatan dipasang di dekat tangga atau lift.

Matikan Peralatan Listrik Saat Mendengar Alaram Kebakaran Berbunyi

Saat Anda mendengar alarm kebakaran, jangan buru-buru meninggalkan meja. Biasanya kebakaran terjadi karena hubungan arus pendek listrik, jadi Anda harus mematikan atau melepas peralatan listrik. maka amankan dokumen yang menurut Anda penting.

Lindungi Saluran Pernafasan Anda: Tutup Hidung Dengan Masker

Ketika titik api cukup dekat, asap dapat dihindari. Segera lindungi hidung dan mulut dengan tisu, tisu basah, sapu tangan atau bos juga bisa digunakan. Menghirup api dapat terjadi karena asap.Asap akan bergerak ke atas, jadi tekuk tubuh Anda serendah mungkin, atau merangkak. Saat terjebak dalam asap dalam kondisi ramai, tetap di posisi semula, tetapi tetap bungkukkan badan. Tutup mulut dan hidung Anda dan bernapas perlahan.

Ikuti Instruksi Evakuasi

Biasanya jika terjadi kebakaran di suatu gedung, akan ada pengeras yang memberi petunjuk kepada penghuni gedung. Namun, jika tidak ada, ikuti petunjuk evakuasi yang biasanya dipasang di dinding. Satu hal yang harus diperhatikan adalah jangan keluar dari gedung menggunakan lift karena dikhawatirkan bisa berhenti tiba-tiba saat darurat. Selain terjebak di dalam lift, orang juga dapat mengalami gangguan neurologis karena lift yang berhenti tiba-tiba. Dalam situasi seperti itu, disarankan untuk menggunakan tangga darurat.

Jangan Terperangkap dalam Kerumunan: Sebisa Mungkin Hindari Kerumunan

Penyebab banyaknya korban kebakaran biasanya karena penghuni gedung yang fokus pada satu akses keluar gedung. Penghuni bangunan berdesakan dan sudah menghirup asap kemudian pingsan. Sebaiknya jika terjebak dalam kerumunan, cobalah mencari cara lain, bisa ke ujung ruangan, lorong atau tangga. Jika memungkinkan, orang bisa keluar melalui jendela, dengan catatan jika posisi jendela tidak terlalu tinggi dari tanah. Untuk mengatasi kecemasan yang disebabkan oleh ketinggian, cobalah duduk di bingkai jendela. Dorong tubuh perlahan dengan kedua tangan, jaga agar tubuh tidak tegang.

Lalu Bagiamana Upaya Pencegahan yang Bisa Dilakukan dan Upaya Preventif untuk Mencegah Kebakaran?

Kendati kebakaran nampak seperti sebuah musibah alam, di mana kebakaran sering kali tidak bisa diprediksi. Sebetulnya ada banyak upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran. Berikut setidaknya ada beberapa upaya-upaya yang bisa diambil untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Membeli Alat Pemadam Kebakaran APAR Dalam Jumlah Banyak

Gedung dengan jumlah penghuni banyak di dalamnya wajb tersedia APAR atau alat pemadam kebakaran. APAR ini semacam tabung pemadam kebakaran yang bisa digunakan secepat kilat jika ada percikan api kecil dari dalam gedung. Percikan api dari dalam gedung itu bisa langsung dijinakan menggunakan APAR. Pemadaman menggunakan APAR cocok untuk api dengan kobaran kecil. Teknologi APAR mampu memadamkan API dalam berbagai tipe.

APAR mempunyai kemampuan untuk memadamkan api tipe A, B, C, D, dan tipe api lain dengan kesulitan esktra tinggi. Alat pemadam kebakaran APAR juga punya nilai lebih dari segi fleksibilitas. Alat pemadam kebakaran APAR bisa dibawa dengan mudah karena beratnya yang ringat. Kebetulan PT. GMP jual APAR dari berbagai merek dengan kualitas tinggi dan harga yang terjangkau.

Membeli Alat Pemadam Kebakaran APAB

Anda juga perlu beli alat APAB untuk pencegahan terjadinya kebakaran. Alat pemadam kebakaran APAB ini lebih canggih dan punya kemampuan yang lebih besar dalam memadamkan api. APAB punya kapasitas refil yang lebih banyak jika dibandingkan dengan APAR. Karena kapasitas APAB yang lebih banyak dan bobot tabungnya yang lebih berat, maka APAB ada dua roda agar bisa dipindahkan dengan mudah. PT. GMP juga menyediakan APAB dengan kualitas terbaik dan berharga terjangkau.

Membeli Pakaian Pemadam Kebakaran

Pakaian pemadam kebakaran selama ini kita kenal biasa dipakai pada petugas pemadam kebakaran. Tapi pada kenyataanya, orang personal, atau orang yang tidak menjadi bagian dari petugas pemadam kebakaran dari dinas pemadam kebakaran pun bisa membeli pakaian pemadam kebakaran. Kebetulan PT. GMP jual pakaian pemadam kebakaran dengan harga terjangkau dan kualitas yang sangat baik.

Memasang Instalasi Hidrant Kebakaran

Memasang hydrant kebakaran di rumah, gedung, rumah sakit, hotel, vila, dan tempat-tempat rawan kebakaran lainnya juga sangat diperlukan. Instalasi hydrant kebakaran jauh lebih urgen lagi jika gedung atau bangunan yang ditempati itu tidak banyak suplai air. Dengan instalasi hydrant maka jika suatu-suatu terjadi kebakaran, hydrant tersebut dapat digunakan dengan cepat untuk memadamkan api kebakaran.

Ketahui Kelebihan Alat Pemadam Kebakaran di PT. GMP

Pertama, harga APAR Murah. Anda sedang mencari harga APAR Murah? Maka Anda bisa mendapatkannya di PT. GMP. Harga APAR yang PT. GMP sediakan sendiri cukup terjangkau di kantong dan tidak akan menguras kantong keuangan Anda.

Kedua, kualitas APAR mempunyai build quality tinggi. Anda sedang mencari alat pemadam kebakaran APAR dengan build quality tinggi? Anda bisa mendapatkannya di PT. GMP. Alat pemadam kebakaran APAR yang PT. GMP punyai sendiri selalu mengedepankan build quality yang baik. Sehingga keawetan alat APAR yang Anda miliki cukup lama penggunaanya.

Ketiga, APAR di PT. GMP bergaransi. Salah satu kelebihan yang didapatkan saat Anda membeli APAR di PT. GMP yaitu Anda akan mendapatkan alat pemadam kebakaran beserta garansi atas produk yang PT. GMP tawarkan. Garansi alat pemadam kebakaran di PT. GMP diberikan selama 1 tahun. PT. GMP memastikan alat pemadam kebakaran APAR ringan yang Anda beli akan dalam keadaan normal tanpa kendala.

Keempat, semua jenis kebakaran bisa dijinakan dengan menggunakan APAR. Berbagi situasi kebakaran bisa dijinakan dengan menggunakan alat pemadam kebakaran APAR. Situasi kebakaran ini mulai dari kebakaran yang ditimbulkan oleh kayu, kebakaran yang disebabkan oleh plastik, hingga kebakaran yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia bisa dipadamkan dengan menggunakan alat pemadam kebakaran APAR ringan di PT. GMP.