Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran Dengan Benar Dan Tepat

alat pemadam kebakaran solingen
Jual Alat Pemadam Kebakaran Solingen Untuk Restoran

APAR adalah Alat Pemadam Kebakaran berbentuk portable yang berfungsi untuk memadamkan kebakaran ringan atau kecil. Cara Penggunaan Alat Pemadam Kebakaran sangat mudah sehingga bisa dilakukan oleh satu orang tanpa bantuan orang lain.

Meskipun Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran sangat mudah anda tetap harus memahami cara memegang APAR yang benar. Jika anda belum tahu cara memegang APAR yang benar anda patut menyimak dengan seksama bagaimana caranya.

Cara Memegang Alat Pemadam Kebakaran APAR

Cara memegang Alat Pemadam Kebakaran yang benar yaitu dengan menggunakan kedua tangan. Kemudian tekan head grip menggunakan salah satu tangan dengan tangan yang lainnya memegang bagian tabung. Namun sebelum menekan head grip, pastikan safety pin ditarik terlebih dahulu.

Baca Juga : Alat Pemadam Api Powder Bersertifikasi Lengkap

Media di dalam tabung APAR yang bertekanan tinggi akan terdorong keluar setelah anda menekan head grip. Selanjutnya media pemadam api akan disalurkan melalui selang atau hose menuju ke nozzle. Setelah media disalurkan oleh hosenozzle bertugas menyemprotkan media ke titik api untuk memadamkan kebakaran.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah panduan cara memegang Alat Pemadam Kebakaran yang benar :

  1. Ambil APAR dengan cara dipanggul pada pundak. Cara ini lebih efektif dibanding jika anda membawa/memegang APAR dengan cara ditenteng. Menenteng APAR akan membuat anda kelelahan jika jarak antara posisi APAR dengan sumber api jauh, apalagi jika tabung yang dibawa memiliki berat 6 kg ke atas.
  2. Tenang dan jangan panik, anda harus sadar bahwa kepanikan hanya akan mengganggu konsentrasi anda dalam memadamkan api. Jadi, sebisa mungkin tetaplah tenang.
  3. Pilih APAR yang tepat sesuai klasifikasi/jenis kebakaran di tempat yang terdekat
  4. Pastikan posisi anda berdiri tidak melawan arah angin
  5. Pegang nozzle pada ujung Hose atau selang dengan tangan dengan kuat.
  6. Kemudian arahkan lah Nozzle atau pangkal selang ke titik api.
  7. Pegang gagang dan tekan lever.
  8. Dekati api searah dengan angin kemudian berhentilah pada posisi kira-kira 3 meter dari api. Anda harus mengikuti arah angin aagara tidak terjadi pembalikan arah panas maupun semburan dari sumber api.
  9. Mulailah tekan lever menggunakan tangan dan semprotkan ke pangkal lidah api. Setelah itu majulah perlahan-lahan dan meratakan media pemadam di permukaan sumber api.
  10. Segera menghindar bila media habis namun api belum padam.
  11. Apabila api sudah padam balikkan posisi tabung dan semprotlah ke atas untuk membuang sisa gas pendorong tanpa mengikutkan bubuknya.

Setelah anda membaca artikel di atas dan anda tertarik untuk memiliki APAR kami adalah jawabannya.  Kami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang keselamatan, Khususnya Fire Protection Equipment, Kami berkomitmen untuk menjaga kualitas  dalam setiap produk maupun pelayanan yang kami sediakan.

Berkut adalah keuntungan-keuntungan yang akan anda dapatkan jika menggunakan produk kami :

  • Kami memberikan garansi selama 1 tahun terhadap kebocoran pada produk kami
  • Media yang kami gunakan di dalam tabung pemadam api memiliki masa kadaluarsa selama 1 tahun.
  • Garansi tekanan media yang ada di dalam tabung selama 1 tahun selama segel pin masih utuh
  • Kami memberikan brecket dan stiker service gratis
  • Gratis pemasangan alat tabung pemadam api ringan atau APAR
  • Memiliki sertifikat uji laboratorium dan MSDS alat tabung pemadam api ringan APAR kebakaran.
  • Anda akan mendapatkan simulasi sekaligus demo pelatihan cara menggunakan alat pemadam api atau APAR gratis.

Cara Memadamkan Api Listrik

Kejadian yang muncul karena reaksi oksidasi eksotermis yang berlangsung dengan cepat dari suatu bahan bakar disertai dengan timbulnya api merupakan definisi dari kebakaran.

Tiga unsur dalam peristiwa oksidasi itu adalah bahan bakar yang mudah untuk terbakar, oksigen yang terdapat di dalam udara dan sumber energi atau panas. Kebakaran akan menimbulkan berbagai kerugian seperti materi dan kebakaran juga akan menghasilkan berbagai zat yang berdampak buruk bagi tubuh.

Kebakaran Bisa Digolongkan Menjadi 4 Kategori Yaitu ;

  1. Kelas Api untuk Tipe A adalah jenis kebakaran yang disebabkan dari bahan biasa yang mudah untuk terbakar seperti kayu, kertas, pakaian dan sejenisnya.
  2. Kelas Api untuk Tipe B adalah jenis kebakaran yang disebabkan dari bahan cairan yang mudah terbakar seperti minyak bumi, oli, gas, lemak dan sejenisnya.
  3. Kelas Api untuk Tipe C adalah jenis kebakaran yang disebabkan dari listrik, seperti kebocoran listrik, korsleting listrik dan termasuk kebakaran pada alat-alat listrik.
  4. Kelas Api untuk Tipe D adalah jenis kebakaran yang disebabkan oleh logam seperti Seng, Magnesium, serbuk Aluminium, Sodium, Titanium dan lain-lain.

Artikel kali ini akan membahas tentang cara memadamkan api listrik atau bisa juga disebut kelas api tipe C.

  • Memadamkan sebelum terjadi kebakaran

Kebanyakan kebakaran listrik bersumber dari sistem pemasangan listrik yang keliru atau perawatan sistem kelistrikan yang buruk. Untuk menghentikan kebakaran listrik sebelum terjadi, jangan terlalu membebani colokan listrik dan juga pastikan bahwa semua pekerjaan kelistrikan dilakukan sesuai peraturan oleh tukang listrik yang resmi dan berlisensi.

Anda juga harus menjaga agar sistem kelistrikan bersih dari debu, sampah dan sarang laba-laba, karena itu dapat mengakibatkan kebakaran.

Hal lain yang harus anda perhatikan adalah menggunakan pemutus sirkuit dan sekering sesering mungkin. Hal ini bertujuan untuk mencegah agar lonjakan daya tidak mengakibatkan kebakaran.

  • Mematikan daya dari sistem listrik

saat sistem listrik mulai memercik atau api menyala di perkabelan, perangkat listrik atau colokan, maka tindakan memotong aliran daya ke sistem ke listrik adalah tindakan terbaik. apabila sumber api hanya percikan dan api belum menyebar sama sekali, cara ini sudah cukup untuk memadamkan api.

Apabila masalah bersumber dari perkabelan atau perangkat listrik, anda tidak boleh begitu saja menarik kabel pada perangkat karena masalah listrik yang terjadi juga akan berpotensi menciptakan korsleting.

Menggunakan selimut anti api

Anda dapat menggunakan selimut anti api untuk memadamkan api listrik. Akan tetapi, langkah ini hanya berlaku bila anda sudah mematikan daya dari sumbernya dengan sempurna. Pada umumnya selimut anti api terbuat dari wol yang diolah secara kimia sehingga bagus sebagai insolator listrik.

Untuk menggunakan selimut anti api, pertama-tama keluarkan selimut anti api dari kemasan lalu pegang selimut dalam posisi tidak terlipat di depan anda dengan kedua tangan dan tubuh yang terlindung oleh selimut.

Setelah itu taruhlah selimut anti api di atas api dan yang paling penting adalah jangan melempar selimut. Cara ini sangat efektif jika dilakukan pada tahap awal kebakaran dan juga memiliki keunggulan tidak merusak objek atau wilayah sekitar.

Gunakan APAR atau Pemadam Api Listrik Ringan Kelas C

Anda bisa menggunakan Alat Pemadam Kebakaran ringan kelas C di Fire Fix. Kami menyediakan APAR dengan kualitas terbaik.

Demikianlah artikel tentang cara memadamkan api listrik. Semoga cara-cara memadamkan api listrik di atas bisa bermanfaat bagi anda.

Produk terlengkap hanya ada di Toko Alat Pemadam Kebakaran Terdekat berkualitas Jakarta 

APAR atau alat pemadam api ringan memudahkan Anda saat mencari alat pemadam untuk perencanaan keselamatan. Toko APAR  terdekat berkualitas Jakarta juga melayani konsultasi bagi Anda yang masih bingund menentukan pilihan yang tepat sesuai kebutuhan. Anda sedang mencari toko APAR? Kami solusi terbaik untuk Anda yang sedang mencari toko APAR terbaik di Jakarta. 

Selain memperhatikan cara penggunaan APAR, Anda juga harus memperhatikan dan memilih dengan benar toko APAR yang  berkualitas. Jangan sampai Anda salah dalam memilih toko APAR, kenapa? Karena, APAR adalah salah satu langkah awal untuk mengatasi kebakaran dan sangat berkaitan dengan keselamatan Anda dan orang sekitar. Bayangkan jika Anda salah memilih toko APAR, bukannya Anda akan mendapat untung malah Anda akan buntung. 

Toko APAR berkualitas jakarta sudah terbukti dan sudah lulus uji coba dari berbagai pihak terkait, jadi Anda tak perlu khawatir akan kualitas yang kami tawarkan. Kami sudah di percaya pelanggan sebagai toko APAR yang berkualitas dan amanah. Tidak hanya menjual iming-iming saja, tetapi kami menjual bukti nyata yang sudah dibuktinya oleh para pelanggan kami dari berbagai penjuru wilayah. 

Pilihlah alat pemadam api yang sesuai dengan biaya yang sudah Anda siapkan, toko APAR berkualitas Jakarta juga mempunyai mutu unggulan. Makanya, pelanggan kami selalu memilih toko APAR berkualitas Jakarta sebagai solusi keselamatan dari kebakaran. Jika Anda ingin menggunakan jasa kami, Anda bisa lho langsung menghubungi kontak yang tertera atau bisa juga melalui website resmi toko APAR berkualitas di Jakarta. 

Kelas kebakaran alat pemadam api ringan 

  • Kebakaran kelas A, kelas kebakaran yang disebabkan oleh bahan padan non-logam.
  • Kebakaran kelas B, kelas kebakaran yang disebabkan oleh bahan cair yang mudah terbakar.
  • Kebakaran kelas C, kelas kebakaran yang disebabkan oleh instalasi listris dengan tegangan tinggi.
  • Kebakaran kelas D, kelas kebakaran yang di sebabkan oleh bahan-bahan logam yang mudah terbakar.
  • Kebakaran kelas K, kelas kebakaran yang di sebabkan oleh minyak atau lemak yang biasa digunakan di dapur. 

Bahan Alat Pemadam Api Ringan

Alat pemadam api ringan sangat efektif untuk menjaga, melindungi Anda di lokasi atau area rentan dan berpotensi kebakaran. Jadi, kami menyediakan berbagai jenis alat pemadam api beserta media-media yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Alat pemadam api juga bisa menjadi investasi, kenapa begitu? Karena dengan pengadaan alat pemadam api ringan, Anda, orang sekitar Anda dan juga aset-aset berharga Anda akan tetapi terlindungi. 

 Alat Pemadam Kebakaran Terdekat

Karena alat pemadam api ringan atau APAR merupakan langkah awal atau penanganan awal saat terjadi kebakaran. Pasti Anda tahu kan kalau kebakaran merupakan salah satu masalah terpelik dan sangat sulit diprediksi kedatangannya. Maka dari itu, kami sebagai toko APAR berkualitas Jakarta hadir dengan menyajikan berbagai produk keselamatan dan keamanan. 

Toko APAR berkualitas Jakarta juga menyediakan berbagai jenis perlengkapan bagi Anda yang memiliki profesi sebagai petugas pemadam kebakaran. Kami menyediakan berbagai macam merek perlengkapan petugas pemadam kebakaran yang berkualitas dan terbukti aman saat digunakan dalam proses penyelamatan kebakaran. Anda sudah memiliki APAR? Tapi media dalam tabung sudah habis dan bingung mau cari refill dimana?

Sekarang tak usah bingung lagi, toko APAR berkualitas Jakarta adalah salah satu store terlengkap dalam keamanan terhadap kebakaran. Selain menjual APAR, APAB dan perlengkapan petugas pemadam kebakaran, kami juga menyediakan jasa refill yang akan ditangani oleh ahlinya. Jangan khawatir, selain produk kami berkualitas dan bermutu tinggi.

Kami juga mempekerjakan orang-orang yang ahli dalam masalah APAR dan juga jasa refill APAR, kami juga melayani jasa service APAR. Jika APAR Anda bermasalah atau bocor, bisa langsung menghubungi kami dan kami akan memperbaikinya supaya tetap berfungsi dengan baik. Alasan pentingnya memilih toko APAR yang berkualitas, agar Anda tetap aman dan terhindar dari masalah kebakaran. 

Pada dasarnya fungsi APAR adalah alat pemadam api yang digunakan dalam skala kecil, jadi mempermudah Anda dalam menangani awal terjadinya kebakaran. Seperti toko APAR berkualitas Jakarta, jasa terpercaya sebagai langkah awal penyelamatan dari bahaya kebakaran. Anda harus memahami jenis media yang akan Anda gunakan, karena beberapa media tidak bisa digunakan dalam segala kondisi.