FM 200 Fire Suppression System |Keunggulan dan Aplikasi

Kebakaran adalah ancaman serius yang dapat menyebabkan kerusakan fisik, kerugian finansial, dan bahkan risiko terhadap nyawa manusia. Oleh karena itu, solusi pencegahan dan pemadaman kebakaran yang efektif menjadi semakin penting. Salah satu solusi yang mendapatkan popularitas adalah FM 200 Fire Suppression System. Artikel ini akan membahas keunggulan sistem ini serta berbagai aplikasi praktisnya dalam menghadapi risiko kebakaran.

Risiko Kebakaran dalam Bisnis

Jakarta, sebagai pusat bisnis dan industri di Indonesia, memiliki risiko kebakaran yang signifikan. Kebakaran dapat terjadi di berbagai lingkungan, termasuk kantor, toko, pabrik, dan gudang. Kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran meliputi kerusakan fisik, hilangnya data dan dokumen penting, serta potensi risiko terhadap jiwa manusia.

FM 200 Fire Suppression System

FM 200 Fire Suppression System adalah sistem pemadam kebakaran berbasis gas yang dirancang untuk mengatasi dan memadamkan kebakaran dengan cepat. Gas yang digunakan dalam sistem ini adalah FM 200, yang merupakan senyawa kimia dengan sifat tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak meninggalkan residu. Keunggulan utama dari sistem ini adalah kemampuannya untuk merespons kebakaran dengan cepat, menghentikan proses pembakaran, dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Keuntungan Menggunakan FM 200 Fire Suppression System

  •  Kecepatan Reaksi yang Tinggi Salah satu aspek paling penting dari FM 200 Fire Suppression System adalah responsnya yang cepat terhadap kebakaran. Begitu sistem diaktifkan, gas FM 200 akan segera dilepaskan ke area yang terkena dampak. Ini mengurangi kemungkinan api untuk berkembang lebih lanjut, membantu mencegah kerusakan yang lebih besar.
  • Tidak Meninggalkan Residu atau Korosi Salah satu tantangan dengan beberapa sistem pemadam kebakaran adalah residu atau korosi yang ditinggalkan setelah digunakan. Namun, FM 200 tidak meninggalkan residu atau endapan, menjaga peralatan dan barang berharga tetap utuh setelah kebakaran dipadamkan.
  • Ramah Lingkungan FM 200 dianggap sebagai opsi yang lebih ramah lingkungan dibandingkan beberapa alternatif lainnya. Gas ini memiliki dampak perubahan iklim yang rendah dan waktu paruh yang singkat dalam atmosfer.
  • Efektivitas pada Berbagai Jenis Kebakaran Keunggulan lainnya dari FM 200 adalah kemampuannya untuk memadamkan berbagai jenis kebakaran, termasuk kebakaran kelas A (padat), kelas B (cair), dan kelas C (gas).
  • Desain Skalabilitas FM 200 Fire Suppression System dapat diukur sesuai dengan ukuran lingkungan yang perlu dilindungi. Ini membuatnya cocok untuk berbagai skala, mulai dari ruangan kecil hingga area industri yang lebih besar.

Sistem Kerja FM 200 Fire Suppression System

FM 200 Fire Suppression System merupakan sistem pemadam kebakaran berbasis gas yang efektif dalam memadamkan kebakaran dengan cepat dan menghentikan penyebarannya. Sistem ini mendeteksi kebakaran yang biasanya dilengkapi dengan detektor asap, sensor suhu, atau sistem pemantauan lainnya. Detektor ini akan mendeteksi adanya tanda-tanda awal kebakaran, seperti asap atau kenaikan suhu. Setelah itu,  Ketika detektor mendeteksi indikasi kebakaran, sistem FM 200 Fire Suppression System diaktifkan secara otomatis atau manual oleh operator. Aktivasi ini memicu pelepasan gas FM 200 ke area yang terkena dampak.

Pelepasan Gas FM 200, yang merupakan senyawa heptafluoropropane (HFC-227ea), dilepaskan dari wadah penyimpanan dalam bentuk cairan. Cairan ini dikonversi menjadi gas melalui proses penguapan dalam sistem. Gas ini dilepaskan ke area yang terkena dampak melalui sistem pipa dan nozzle yang telah diatur sebelumnya. Gas FM 200 bekerja dengan mengurangi kadar oksigen di area yang terkena dampak. Kehadiran gas ini dalam jumlah yang tepat mengurangi kadar oksigen di atmosfer, mengganggu proses pembakaran yang diperlukan untuk mempertahankan api. Ini menyebabkan penghentian cepat dari reaksi pembakaran.

Dengan mengurangi kadar oksigen, gas FM 200 juga mencegah api untuk menyebar lebih lanjut. Api membutuhkan oksigen untuk berkembang dan tumbuh. Dengan mengurangi sumber oksigen, sistem ini memutus rantai reaksi pembakaran dan mencegah api untuk menyebar lebih jauh.Selain penghambatan oksigen, proses ini juga berkontribusi pada penurunan suhu di area yang terkena dampak. Pengurangan suhu membantu mencegah kemungkinan re-ignisi api setelah pemadaman.

Penting untuk diingat bahwa pemadaman gas FM 200 bisa menciptakan tekanan yang lebih tinggi di ruangan karena pengembangan gas. Oleh karena itu, manusia harus dikeluarkan dari area tersebut dan peralatan elektronik sensitif harus diisolasi atau dilindungi.Setelah gas FM 200 digunakan, tidak ada residu atau endapan yang tertinggal. Ini berarti tidak ada pembersihan yang rumit atau kerusakan jangka panjang pada peralatan atau barang.

 

Instalasi FM 200 Fire Suppression System

FM 200 Fire Suppression System digunakan secara luas dalam berbagai industri dan lingkungan, termasuk:
  • Ruang Server dan Pusat Data: Kecepatan reaksi FM 200 membuatnya cocok untuk melindungi peralatan sensitif dalam pusat data dari risiko kebakaran.
  • Peralatan Elektronik dan Komputer: Sistem ini efektif dalam menjaga keamanan peralatan elektronik yang mahal dan penting.
  • Ruang Kontrol dan Pusat Telekomunikasi: FM 200 membantu menjaga kontinuitas operasi dalam lingkungan kritis seperti pusat kendali.
  • Industri Kimia dan Manufaktur: Tempat-tempat yang mengandung bahan-bahan berbahaya dapat menggunakan FM 200 untuk mengatasi risiko kebakaran.
FM 200 Fire Suppression System membuktikan diri sebagai solusi perlindungan yang efektif dan andal dari risiko kebakaran. Dengan keunggulan dalam kecepatan reaksi, tidak meninggalkan residu, serta ramah lingkungan, sistem ini telah membantu mengurangi dampak kebakaran secara signifikan di berbagai sektor. Oleh karena itu, penerapan teknologi FM 200 patut dipertimbangkan untuk meningkatkan keamanan dan perlindungan dalam lingkungan yang rentan terhadap risiko kebakaran.

Konsultasi Pemasangan FM 200 Fire Suppression System

Mengamankan bisnis Anda dari risiko kebakaran adalah prioritas utama.Hubungi kami  sekarang jika anda ingin konsultasi pemasangan FM200 Fire Suppression System untuk melindungi bisnis Anda dari ancaman kebakaran. Anda bisa langsung hubungu customer service kami untuk menemukan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Jangan biarkan ancaman kebakaran menghancurkan apa yang telah Anda bangun dengan susah payah, lindungi properti Anda dengan solusi terbaik.
Sarung tangan Starvvo