Harga Alat Pemadam Kebakaran Terbaru 2021

Harga Alat Pemadam Kebakaran Terbaru 2021

Terdapat berbagai macam dan jenis alat pemadam kebakaran dan media pemadam api yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Maka untuk itu berikut adalah harga alat Pemadam Kebakaran terbaru 2021 yang merupakan harga terkini yang dapat kami rilis saat ini.

Setiap Jenis Alat Pemadam Kebakaran memiliki harga yang berbeda karena akan memiliki isi kandungan Bahan pemadam api yang berbeda sesuai dengan jenis kelas kebakaran.

Hal ini karena bahan pemadam api wajib disesuaikan dengan jenis aset yang diamankan dari bahaya kebakaran, seperti aset dan sarana, seperti perkantoran, Pabrik, kendaraan dan lain sebagainya.

 


Tabel Jenis bahan yang digunakan pada Alat Pemadam Kebakaran

Alat Pemadam Kebakaran
Gambar 2. Tabel Jenis bahan yang digunakan pada Alat Pemadam Kebakaran

1. Bahan Serbuk Kimia (Dry Chemical Powder) untuk kebakaran kelas ABC.
2. Bahan Carbon Dioxide (CO2) untuk kebakaran kelas BC.
3. Bahan Liquid Foam AFFF untuk kebakaran kelas AB.
4. Bahan Liquid Gas (AF11 dan AF36) untuk kebakaran kelas ABC.

 


Perbedaan Jenis Ukuran Tabung Alat Pemadam Kebakaran Ringan dan Berat

Alat Pemadam Kebakaran
Gambar 3. Jenis Ukuran Tabung Alat Pemadam Kebakaran Ringan dan Berat.

Dalam kondisi darurat, penggunaan Alat pemadam kebakaran berupa tabung APAR menjadi hal yang sangat menentukan dalam upaya menyelamatkan jiwa dan aset bangunan dari bahaya kebakaran.

Masalahnbya banyak orang banyak orang yang menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang salah dalam kondisi darurat tersebut.

Banyak pihak yang salah dalam memilih dan menggunakan tabung APAR yang tidak sesuai dengan peruntukan dan standar keamanan yang ada.

Salah satu kesalahan fatal ini adalah justru menggunakan ukuran tabung APAR yang salah dan tidak sesuai dengan objek yang akan diamankan dari bahaya kebakaan.

Misalkan penggunaan APAR ukuran 1 kg untuk memadamkan kebakaran yang terjadi pada ruangan arsip yang penuh kertas dan peralatan kayu yang mudah terbakar.

Sehingga tentu saja APAR 1 kg tersebut akan gagal dan tidak mampu memadamkan api yang berkobar dengan sangat cepat.

Maka oleh karen itu penggunaan tabung APAR telah memiliki standar yang telah diatur oleh undang-undang Pemerintah melalui Dinas Pemadam kebakaran.

Tujuannya adalah agar masyarakat bisa secara umum mampu memadamkan api sebagai upaya pencegahan kebakaran sendiri pada aset mereka dengan aman dan efektif.

Untuk itu berikut ini ukuran APAR yang kami miliki, yaitu ;

a. APAR Portable :

1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 9 – 12 kg.

b. APAR Troley :

20 – 25 – 35 – 50 – 75 – 100 – 150 – 200 kg.


Info Harga Alat Pemadam Kebakaran Terbaru Tahun 2021


Jenis Bahan Alat Pemadam Kebakaran Dan Fungsinya

Banyak orang yang berpendapat bahwa semua APAR sama saja, padahal pendapat itu tidak benar sama sekali, ternyata diluar sana terdapat berbagai jenis bahan yang digunakan pada alat Pemadam Kebakaran. 

Hal itu karena tergantung pada jenis kebakaran yang sedang terjadi, yang umum disebut sebagai “Kelas Kebakaran” yang terjadi pada kebakaran yang terjadi pada fasilitas bangunan atau peralatan kerja.

Misal jika anda bekerja di kantor yang pebuh kertas dan peralatan yang terbuat dari kayu dengan seorang programer yang bekerja di instalasi server.

Maka kondsi itu tentu membutuhkan peralatan pemadam kebakaran dengan jenis bahan pemadam api yang berbeda jenisnya antara satu dengan yang lainnya.

Untuk kantor maka umumnya akan menggunakan bahan pemadam api dengan jenis Dry Chemical Powder, sedangkan fasilitas server tentu membutuhkan bahan lain yang berbeda jenisnya.

Bahan pemadam kebakaran yang dimaksud adalah bahan Free Agent atau bahan pemadam api yang berbentuk Gas, berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

 

1. Dry Chemical Powder

APAR jenis Powder merupakan salah satu media pemadam api yag digunakan dalam Alat Pemadam Kebakaran yang sangat diminati banyak orang.

Hal ini adalah karena Harga APAR jenis Powder ini sangat terjangkau dan memiliki klasifikasi pemadaman untuk kelas kebakaran ABC (Benda Padat, Benda Cair dan Kelistrikan).

Bahan APAR Powder ini mengandung kombinasi dari Fosfat Amonium dan Amonium Sulphate yang berfungsi mengganggu reaksi kimia yang terjadi pada zona kebakaran.

Dengan menggunakan tekanan Gas Nitrogen sebagai media gas pendorongnya, maka semburan bahan pemadam api Dry Cemical Powder mempu mencapai jarak hingga 6 meter (Tes Lab Dinas Damkar DKI).

Hal ini tentu memberikan keuntungan bagi pengguna APAR yang tidak perlu mendekat ke sumber api dan hasilnya dinilai sangat efektif dalam membuat api menjadi cepat padam.

Namun jenis  APAR Powder ini masih meninggalkan residu (bekas) setelah penggunaannya, hal dikarenakan APAR jenis ini berbahan dasar bubuk kimia kering yang merupakan kombinasi dari fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate.

 

Pola Pemadaman Api pada bahan Dry Chemical Powder

Dry Chemical powder juga memiliki titik lebur yang rendah dan partikelnya yang sangat kering memiliki sifat yang unik sebab pad saat terkena panas Api. 

Maka partikel kimia kering ini akan membesar sehingga akan menjadi penghalang bagi oksigen bebas untuk menyentuh nyala api.

Sehingga api menjadi semakin mengecil akibat kekurangan Oksigen hingga pada akhirnya api akan segera mengecil dan padam.

 

Kelebihan Dry Chemical Powder :

  • Merupakan media pemadam api serbaguna, aman dan luas pemakaiannya karena dapat mematikan api kelas A, B, dan C.
  • Dapat menahan radiasi panas dengan kabut (serbuk) partikelnya.
  • Tidak menghantarkan listrik (Non Konduktif).
  • Kimia kering tidak beracun (Non Toxic).
  • Tidak berbahaya terhadap tumbuhan, hewan terutama manusia.

 

Tabung Pemadam Api adalah salah satu produk yang menggunakan bahan dry chemical powder, karena memiliki tingkat kelas kebakaran A, B, dan C.

alat pemadam api ini digunakan untuk kebakaran kelistrikan

Baca : Brosur Lengkap Alat Pemadam Kebakaran

 


2. Carbon Dioxide (CO2)

CO2 adalah Senyawa/bahan kimia yang terbentuk dari 1 atom karbon + 2 atom oksigen, yang dapat dihasilkan baik dari kegiatan alamiah maupun kegiatan manusia.

  • Dapat digunakan memadamkan kebakaran kelas B dan C karena merupakan bahan gas, CO2 tidak merusak, dengan daya guna yang efektif dan bersih.
  • Sangat efisien serta efektif digunakan dalam ruangan seperti kantor, lab dan ruangan lainnya.
  • Carbon Dioxide (CO2) dapat menyerap panas dan sekaligus mendinginkan.
  • Konstruksi tabung dirancang khusus untuk menahan tekanan tinggi dan dilengkapi dengan selang yang panjang dengan nozzle yang berbentuk corong.
  • Tidak berbahaya terhadap tumbuhan, hewan terutama manusia.

 


Foam AFFF (Aqueous Film Forming Foam)

Foam AFFF (Aqueous Film Forming Foam) adalah berbasis air dan sering mengandung surfaktan berbasis hidrokarbon seperti sulfat sodium alkyl, fluoro surfactant seperti: fluorotelomers, asam perfluorooctanoic (PFOA), asam perfluorooctanesulfonic (PFOS).

Mereka memiliki kemampuan untuk menyebar di permukaan cairan berbasis hidrokarbon. Alcohol resistant aqueous film forming foams (AR AFFF) adalah busa / foam yang tahan terhadap reaksi dari alkohol, dapat membentuk lapisan/ segmen pelindung ketika dipakai atau di semprot.

  • Dapat digunakan untuk memadamkan api kelas A namun sangat cocok bila digunakan untuk kelas B.
  • Bersifat Kondukstif (Penghantar Listrik). Tidak dapat dipakai untuk memadamkan api kelas C.
  • Foam bersifat ringan, sangat efektif untuk memadamkan zat cair yang mudah terbakar dengan cara mengisolasi oksigen serta menutupi permukaan zat cair untuk menghindari api yang dapat menjalar (meluas) kembali.
  • Tidak berbahaya terhadap tumbuhan, hewan terutama manusia.

alat pemadam api gas pengganti halon ini sangat bersih dan ramah lingkungan

 


Gas Pengganti Hallon (Clean Agent)

Gas Pengganti Hallon (Clean Agent) adalah senyawa kimia yaitu hydrochlorofluorocarbon (HCFC). Merupakan senyawa dari 1,1-dichloro-1-fluoroethane dan Chemical Abstracts.

  • Merupakan pemadam api yang bersih dan tidak meninggalkan residu.
  • Sangat efektif untuk digunakan pada semua risiko kelas kebakaran A, B dan C.
  • Tidak menghantarkan listrik (Non Konduktif), sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik dan alat perkantoran modern lainnya.
  • Tidak berbahaya terhadap tumbuhan, hewan terutama manusia.

 


Fungsi Alat Pemadam Kebakaran

Sejatinya Alat Pemadam Kebakaran memiliki fungsi untuk mencegah dan memadamkan api berskala kecil – sedang untuk menghambat terjadinya kebakaran semakin membesar, oleh karenanya pemerintah telah mengatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1980 Tentang Pemasangan Dan Pemeliharaaan Alat Pemadam Api Ringan.

 


Harga Pengisian Ulang Alat Pemadam Kebakaran (Refill)

Apakah Alat Pemadam Kebakaran dapat di isi ulang/refill ? jawabannya tentu bisa, karena isi kandungan pada Alat Pemadam Kebakaran memiliki jangka waktu penggunaan (expired) yang harus diganti secara berkala, pada umumnya paling cepat jangka waktu tersebut adalah 1 Tahun dari pembelian tabung baru.

Selain menjual Alat Pemadam Kebakaran kami juga menyediakan Jasa Isi Ulang APAR yang kami kerjakan langsung di Workshop kami dengan proses yang cepat dan harga yang terjangkau.


Profil APAR Powder Starvvo