Jual Alat Pemadam Kebakaran Genset Terbaik Jakarta

Jual Alat Pemadam Kebakaran Genset Terbaik Jakarta

Alat pemadam api sekarang mudah untuk ditemui. Dari tempat umum sampai ke rumah pribadi. Tapi, apa Kamu tahu?  Kalau penyediaan APAR tidak boleh sembarangan, karena ada cara menghitung kebutuhan APAR yang menjadi dasar  penyediaan APAR.

Kebutuhan APAR tidak boleh dikira-kira saja, apalagi dihitung secara sembarangan. Ditambah lagi tiap ruangan yang nantinya akan diberi alat pemadam api ringan punya karakteristik dan ukurannya masing yang berbeda. Maka dari itu, di artikel ini akan dijabarkan tentang bagaimana cara menghitung kebutuhan APAR.

Sebenarnya cara untuk tahu kebutuhan APAR sudah diatur di National Fire Protection Association (NFPA) dan Peraturan dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, tentang ketentuan-ketentuan pemasangan dan pemeliharaan alat pemadam api ringan. Tapi masih banyak sekali yang belum tahu, dari itu Kami akan bagikan untuk Kamu.

  • Ruangan aula, koridor dan ruangan perkantoran

Ruangan perkantoran atau aula dengan ukuran 200 meter lebih baik diberi alat pemadam api ringan dengan media dry chemical powder dengan berat 6 kg.

  • Ruangan yang berpartisi

Ruangan berpartisi layaknya seperti kantor dan kamar tidur baiknya juga dilengkapi dengan alat pemadam api ringan. Disarankan di setiap ruangannya diberi APAR dengan ukuran 3 kg dengan media dry chemical powder.

  • Ruangan alat elektronik dan panel elektronik

Ruangan yang banyak alat elektronik dan panel elektronik seperti ruangan penyimpanan genset, sangat rawan untuk terjadi kebakaran. Makanya Kami disarankan untuk menyiapkan 2 jenis APAR untuk mengatasi kebakaran di ruangan ini. 2 jenis APAR tersebut adalah APAR dry chemical powder yang berukuran 4 kg dan APAR CO2 yang berukuran 6 kg.

  • Area produksi, industri dan gardu listik

Potensi terjadinya kebakaran di area ini cukup besar, mengingat area yang diproteksi cukup luas. Maka dari itu, harus Kamu disiapkan 2 jenis APAR. Yang pertama yaitu APAR dry chemical powder ABC dengan muatan yang besar dan yang kedua APAR dengan media CO2 berukuran 9 kg.

Mesin Genset

Mesin genset alat yang sering digunakan saat lampu padam, tapi lebih baik lagi kalau pakai mesin genset kita harus memperhatikan area di sekitar ruangan mesin genset. Jangan biarkan benda-benda yang mudah terbakar di sekitarnya, misalnya, kantong plastik dan kertas. Mesin genset juga bisa membuat tubuh tersengat listrik, bahkan bisa saja meregangkan nyawa.

Jadi usahakan lebih berhati-hati dalam penggunaannya. Cara menghindarinyayaitu dengan periksa genset apakah masih dalam kondisi yang tepat untuk digunakan, dan hindari benda yang mudah terbakar di ruang genset.

Cara Menghitung Kebutuhan APAR Beserta Tipsnya

Setelah Kamu tahu bagaimana cara menghitung kebutuhan APAR, Kamu harus tahu beberapa tips tentang APAR. Kami sarankan bagi Kamu untuk meletakan APAR di tempat yang mudah dijangkau saat terjadi kebakaran, misalnya seperti di dekat pintu darurat. Jangan lupa juga ya untuk menempel stiker tanda APAR di atasnya.

Beberapa bulan lalu kita dikejutkan oleh kebakaran besar yang menimpa pusat perbelanjaan Pasar Senin. Kerugian materil yang diderita diperkirakan mencapai milyaran rupiah. Ini salah satu akibat kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia akan bahaya si jago merah.

Indikasi ini dapat terlihat dari minimnya ketersediaan infrastruktur dan alat pemadam kebakaran yang tersedia di sekeliling kita. Bisa dikatakan tingkat kesadaran masyarakat Indonesia untuk hal tersebut masih sangat minim.

Cara Penggunaan Tabung CO2 Roda 25 Kg Khusus Untuk Ruang Genset

  1. Pertama dorong tabung pemadam yang menggunakan roda dari tempatnya dan dibawa ke tempat terjadinya kebakaran.
  2. Kemudian lepaskan, pegang pengamannya
  3. Corong dipegang pada gagang yang punya penyekat agar tangan Kamu tidak luka karena suhu dingin.
  4. Arahkan corong ke asal api.
  5. Putar valve penutup sampai dalam posisi terbuka.
  6. Tekan tangkai pada ujung nozzle selang bersamaan dengan keluarnya gas CO2.
  7. Gerakkan corong kekanan dan kekiri seperti menyapu sampai gas CO2 cepat bisa mengurangi dan memadamkan nyala api / kebakaran.

Keuntungan Bahan Pemadam Api CO2

  1. Gas yang tidak dapat mengalirkan arus listrik dan tidak menyebabkan karat.
  2. Bisa disimpan di dalam tabung  gas yang terbuat dari baja, jadi mudah disiapkan pada ruangan yang sempit.
  3. CO2 yang disimpan di dalam tabung bisa digunakan berulang kali sesuai dengan kebutuhan.
  4. Digunakan untuk pemadaman api secara otomatis ( CO2 sistem ).

Sifat-sifat CO2 di Dalam Pemadaman

  1. Penyelimutan
  2. Pendinginan
  3. Bisa memutus rantai reaksi
  4. Tidak menyebabkan karatan
  5. Menurunkan kadar O2 sampai 12% – 15%
  6. Berat CO2 1.5 x berat udara
  7. Tidak menghantarkan arus listrik
  8. Baik digunakan di dalam ruangan
  9. Tabung  yang digunakan berisi gas CO2 yang berbentuk cair, bila dipancarkan CO2 tersebut mengembang menjadi gas.

Jenis APAR kelas C harus sesuai dengan potensi kelas kebakarannya, yaitu kelas kebakaran C. Seperti yang Kamu tahu, ada empat kelas kebakaran pada umumnya, salah satunya kebakaran kelas C.

Api dari kelas C ditimbulkan dari masalah elektrikal seperti korsleting, malfungsi alat listrik dan lain sebagainya. Dengan adanya unsur elektrikal, jadi APAR yang digunakan untuk memadamkannya tidak boleh sembarangan.

Jenis APAR Genset yang Populer Digunakan

APAR CO2  adalah pilihan yang cukup populer waktu digunakan untuk menangani kelas kebakaran C. Senyawa gas CO2 dianggap lebih berat dari oksigen, jadi area tempat dimana APAR CO2 diletakkan menjadi sulit ditembus oleh oksigen. Jadi, reaksi rantai segitiga api akan terputus dan api dapat dipadamkan.

Selain itu, APAR CO2  memiliki sifat non-konduktor atau tidak menghantarkan listrik, jadi sangat aman digunakan di area yang dialiri aliran listrik. Sifat clean agent dari CO2 sangat menguntungkan, karena tidak akan meninggalkan residu yang bisa merusak alat elektronik, serta mempercepat masa downtime pasca kebakaran.

Powder APAR Genset

APAR powder sangat terkenal digunakan oleh masyarakat, karena cakupan kelas kebakarannya cukup luas. APAR powder atau sering disebut dengan APAR ABC powder, ternyata ampuh memadamkan api kelas kebakaran C.

Cara kerja APAR ini adalah dengan menutup titik api dengan media powder, jadi oksigen tidak bisa masuk dan api akan padam dengan cepat. Tapi sayangnya, APAR powder meninggalkan residu(bekas) waktu digunakan. Jadi, kalau kebakaran sudah berhasil diatasi, Kamu harus cepat-cepat membersihkan residu APAR powder.

Jual APAR Genset Terbaik

Disini Kami menjual APAR Genset dengan kualitas yang sudah cukup diakui di masyarakat yang sudah memakainya. Kamu bisa langsung pesan lewat email pada marketing Kami, dan Kami selalu siap saat Kamu membutuhkan bantuan Kami.

 APAR untuk Genset sangat penting sekali dalam sehari-hari. Supaya Kamu tetap aman dalam memakainya dan yang pasti meminimalisir ternjadinya kebakaran.

Nah, itu semua rekomendasi APAR yang bisa digunakan untuk memadamkan kebakaran kelas  C. Sekarang tinggal Kamu sendiri yang pilih APAR apa yang sesuai dengan kebutuhan Kamu. Segera lengkapi APAR milik Kamu dengan APAR kelas c. Hanya disini ya!