Jual Breket Alat Pemadam Api Ringan Termurah

Jual brecket pemadam kebakaran
Jual brecket pemadam kebakaran

Jual Breket Alat Pemadam Api Ringan Termurah

Anda pernah melihat kejadian kebakaran di sekitar Anda? Pasti Anda bisa bayangkan betapa sedih dan sengsaranya orang yang terkena kebakaran tersebut. Selain bisa merusak mental, lenyapnya aset-aset berharga sampai bisa meninggalkan trauma bagi mereka yang terkena musibah kebakaran. Di Indonesia sendiri sudah banyak terjadi peristiwa kebakaran dan banyak memakan korban jiwa. 

Anda tidak perlu panik dan khawatir, pada dasarnya semua masalah pasti akan ada solusinya kok. Dan solusi untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya kebakaran, yaitu dengan pengadaan alat pemadam kebakaran. Anda tahu apa itu alat pemadam kebakaran? Ya, benar sekali. Breket alat pemadam kebakaran adalah suatu alat yang dibuat untuk meminimalisir atau memadamkan kebakaran.

Berbentuk tabung dilengkapi dengan alat penyemprot di bagian kepala, biasanya alat pemadam kebakaran berwarna merah. Anda pernah pergi ke pusat perbelanjaan, rumah sakit atau gedung-gedung bertingkat? Tempat-tempat biasanya menyediakan alat pemadam kebakaran sebagai langkah awal meminimalisir terjadinya kebakaran. 

Di Indonesia sudah banyak kok yang menggunakan alat pemadam kebakaran, itu artinya masyarakat semakin sadar akan bahayanya kebakaran. Breket alat pemadam kebakaran tersedia dalam 2 jenis, yaitu alat pemadam api ringan atau sering disebut APAR dan alat pemadam api berat atau sering disebut APAB. Mempunyai fungsi yang sama, yaitu memadamkan api tetapi bedanya hanya pada skala api yang bisa di padamkan. 

Jika APAR mampu memadamkan api dalam skala kecil, sedangkan APAB mampu memadamkan api dalam skala besar. APAR mempunyai bentuk yang relatif kecil dibanding dengan APAB, APAR tersedia dalam bentuk portable dan APAB tersedia dalam bentuk trolley. Alat pemadam yang sering kita jumpai adalah jenis APAR, karena bentuknya yang portable, mudah digunakan dan dibawa kemana-mana. 

Tetapi APAR mempunyai isian yang lebih sedikit dibandingkan dengan APAB, jangkauan dalam pemadaman juga berbeda karena ukurannya berbeda. Jika Anda ingin membeli APAR, Anda juga harus tahu cara menggunakannya. Supaya Anda bisa memadamkan api secara efektif, bisa menyelamatkan diri Anda dan sekitar Anda. 

Seiring berkembangnya jaman, alat pemadam kebakaran kini semakin beragam diseuaikan dengan sumber atau faktor kebakarannya. Anda juga harus tahu macam-macam tipe alat pemadam kebakaran, supaya Anda bisa menangani kebakaran lebih tepat dan cepat. Anda harus menggunakan alat pemadam sesuai dengan ketentuan yang ada, agar kebakaran tidak menjalar kemana-mana dan semakin membesar. 

Jenis alat pemadam kebakaran 

  1. Alat pemadam api thermatic atau sistem sprinkler adalah salah satu alat pemadam kebakaran yang bekerja secara otomatis. Thematic sistem menggunakan cara modular dan biasanya terletak pada plafon. Untuk pemasangan dan berapa banyaknya jumlah modul yang digunakan bisa di sesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan suatu ruangan yang akan dipasangi alat pemadam ini. 

Alat pemadam thermatic akan bekerja jika terdeteksi asap  atau adanya api yang menyala dan terdeteksi sensor. Alat ini dirancang dengan cara kerja otomatis yang terpasang di dalam satu ruangan. Dan jika terjadi kegagalan pada fungsi elektronik, akan tetap bekerja jika panas temperatur sudah mencapai 68 derajat celcius. 

  1. Alat pemadam api ringan atau sering disebut dengan APAR, adalah alat pemadam kebakaran yang mudah dibawa kemana-mana dan hanya bisa digunakan oleh satu orang saja. Alat ini dilengkapi dengan pressure gauge (alat pengukur tekanan) yang mempunyai fungsi sebagai penunjuk tekanan pada tabung. 

Dengan begitu, tabung akan lebih memudahkan Anda mengontrol kinerja alat pemadam kebakaran. Sesuai dengan namanya alat pemadam api ringan, alat ini mempunyai berat yang lumayan kecil mulai dari 1- 9 kg. dan untuk tabung pemadam api dengan jenis media karbon dioksida hanya memiliki berat 2- 7 kg saja. 

Jenis media yang digunakan pada APAR:

  • Media foam atau busa
  • Media dry chemical powder atau bahan bubuk kimia
  • Media CO2 atau karbon dioksida
  • Media clean agent
  1. Alat pemadam api jenis portable adalah salah satu alat pemadam kebakaran yang bisa dibawa kemana-mana dan mudah digunakan. Alat pemadam ini biasa digunakan pada mobil, contohnya seperti fire stop yang sering kita temui pada mobil pribadi atau kendaraan umum lainnya. biasa digunakan untuk memadamkan api skala kecil, mempunyai berat 1- 2 kg hanya bisa digunakan sekali pakai dan tidak bisa di isi ulang/ refill.

Jika Anda ingin membeli alat pemadam kebakaran, Anda juga harus mengetahui fungsi dari setiap komponen yang ada pada tabung pemadam kebakaran. Salah satu komponen tabung pemadam kebakaran adalah bracket. Bracket adalah komponen tabung pemadam kebakaran yang biasa dipakai agar tabung pemadam kebakaran bisa di letakkan di dinding. 

Mengenal Bracket untuk APAR

Saat meletakkan tabung pemadam kebakaran di dinding harus terlebih dulu dipasang bracket, pemasangan bracket juga tidak boleh sembarangan, ya! Harus pasang dengan benar agar tabung pemadam kebakaran tidak mudah jatuh, kalau jatuh kan akan berbahaya bagi sekitarnya, kan? Karena pada dasarnya, tabung pemadam kebakaran adalah alat yang sangat penting yang sering dipasang di berbagai semua tempat untuk mengantisipasi jika terjadi kebakaran.

Anda pasti pernah lihat tabung pemadam kebakaran kan? Semua bentuk tabung pemadam kebakaran memang hampir sama semua. Yang membedakan tabung pemadam kebakaran ada pada bagian komponennya yaitu bracket. Bracket tersedia dalam beberapa macam disesuaikan dengan tata letaknya, karena fungsi utama bracket adalah agar tabung pemadam kebakaran tidak mudah jatuh dan tetap aman saat di pasang di dinding. 

Jenis bracket APAR:

  • J kurung
  • Lug kurung, dan 
  • Kurung shoulder

Bracket J kurung biasanya digunakan di bagian belakang dan samping alat pemadam kebakaran, sedangkan untuk bahu kurung  biasanya digunakan di bagian bahu serta agak melengkung di sisi atasnya. Lug kurung memiliki ukuran lengan yang lebih kecil, jika Anda mencari bracket yang sesuai dengan ukuran tabung pemadam kebakaran bisa menyesuaikan dengan bagian tarikannya. 

Tabung pemadam yang sudah dipasangi bracket, tak hanya bisa di pasang di dinding saja tetapi bisa di letakkan di bagian bawah atau menempel di lemari. Dan sebaiknya, letakkan tabung pemadam kebakaran dalam posisi berdiri agar lebih aman. Untuk tabung pemadam kebakaran yang di letakkan di dalam lemari, sering dijumpai pada lingkungan yang membutuhkan perlindungan besar saat terjadi kebakaran. 

Anda harus memastikan peletakkan tabung pemadam kebakaran pada posisi yang strategis dan mudah dijangkau saat terjadi kebakaran. Anda juga harus mempersiapkan rute atau jalur untuk melarikan diri saat terjadi kebakaran. Pastikan juga, bracket yang Anda gunakan sudah sesuai dengan jenis dan fungsinya agar saat terjadi kebakaran bisa digunakan dengan efisien. 

Aksesoris dan sparepart APAR

Dengan berkembangnya teknologi, berbagai macam sparepart tabung pemadam ikut mengiringi perkembangan yang ada. Jika tidak ada sparepart tersebut, sangat mustahil alat pemadam kebakaran bisa berfungsi dengan seharusnya. Tak hanya tabung pemadam kebakaran saja, sparepart tabung pemadam kebakaran juga bisa rusak dan tidak berfungsi lagi jika usianya sudah tua. 

Anda juga harus mengetahui berbagai macam sparepart tabung pemadam kebakaran, agar Anda bisa menjaga kualitas alat pemadam kebakaran yang Anda miliki. Supaya lebih efisien saat digunakan dan lebih aman. Tidak hanya sparepart, tapi aksesoris tabung pemadam kebakaran juga tak luput menjaga keamanan tabung yang Anda miliki.

Anda tahu aksesoris pada tabung pemadam kebakaran? Banyak sekali aksesoris tabung pemadam kebakaran. Salah satunya adalah bracket, biasa digunakan untuk memproteksi tabung dari berbagai macam bahaya. Apa itu bracket? Merupakan salah satu aksesoris tabung pemadam kebakaran yang berupa hanger atau tempat untuk menggantung APAR. 

Pada dasarnya APAR tidak boleh diletakkan di sembarang tempat, jadi penggunaan bracket sangatlah penting. Selain untuk mempercepat saat digunakan, dengan menggunakan bracket aktivitas Anda pun tidak akan terganggu oleh keberadaan APAR. Aksesoris pada tabung pemadam kebakaran adalah untuk menjaga isian APAR mengalami penggumpalan. 

Terutama penggumpalan yang terjadi pada tabung yang berbahan powder atau serbuk, karena media ini sangat mudah terjadi penggumpalan jika diletakkan di tempat yang lembab. Jadi sangat tidak di saran meletakkan tabung pemadam kebakaran jenis powder di lantai atau tempat lain dengan estimasi suhu lembab. Selain memperhatikan sparepart dan aksesoris, Anda juga harus memperhatikan cara perawatan tabung pemadam kebakaran. 

Pastikan Anda membeli tabung pemadam kebakaran yang bagus, berkualitas dan letakkan di tempat yang aman dan strategis. Anda juga harus rutin melakukan pengecekan setiap bulan, agar Anda tahu apakah ada kerusakan atau tidak. Jika terjadi kerusakan pada tabung pemadam kebakaran, Anda langsung bawa saja ke tempat service.

Biasanya, jika Anda membeli tabung pemadam kebakaran pada distributor akan ada garansi dalam kurun waktu tertentu. Pilihlah distributor alat pemadam kebakaran yang berkualitas dan sudah mempunyai sertifikat dari ISO. Karena semakin tepat memilih alat pemadam kebakaran, akan lebih baik dalam meminimalisir saat terjadi kebakaran. 

Banyak faktor yang harus Anda perhatikan saat Anda memutuskan untuk membeli alat pemadam kebakaran. Anda harus memahami fungsi dan juga faktor-faktor penyebab kebakaran, selain itu Anda juga harus memperhatikan komponen atau bagian bagian pada tabung pemadam kebakaran. Jangan sampai Anda salah memilih distributor, apalagi Anda sampai salah dalam memilih tabung pemadam kebakaran. 

Duhh, itu bisa bahaya dan bisa berakibat fatal, lho! Jadi Anda harus memperhatikan segala faktor yang berhubungan dengan alat pemadam kebakaran. Mulai dari tabung pemadam kebakaran, aksesoris, sparepart, jenis media dan juga faktor-faktor penyebab terjadinya kebakaran

Hindari memilih tabung pemadam yang berkarat, ya! Karena banyak kemungkinan bahaya yang bisa terjadi pada tabung pemadam kebakaran yang berkarat. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah, tapi Anda harus mengutamakan kualitas. Pastinya Anda tidak mau rugi kan? Sudah beli alat pemadam kebakaran mahal-mahal tapi tidak berkualitas, Anda akan rugi.

Pilihlah distributor di sekitar wilayah Anda yang sudah terjamin kualitasnya dan juga sudah melalui berbagai uji coba. Mungkin itu hal sepele, ya! Padahal itu adalah hal terpenting dalam memilih distributor alat pemadam kebakaran. Karena kebakaran bisa terjadi kapan saja, dan dimana saja. Keep safety, ya!