Toko Alat Pemadam Kebakaran di Semarang, Harga Alat Pemadam Api Terjangkau

Toko Alat Pemadam Kebakaran di Semarang
Tabung pemadam kebakaran murah, harga tabung pemadam kebakaran terjangkau

Alat Pemadam Api Ringan atau bisa disingkat dengan APAR adalah alat pemadaman yang bisa dibawa dan gunakan atau dioperasikan oleh satu orang tanpa perlu bantuan orang lain. Cara pemakaian APAR sangat mudah dan bisa dilakukan secara manual yaitu dengan cara langsung diarahkan pada posisi dimana api berada.

Keberadaan toko alat pemadam kebakarand di Semarang sangat penting sekali untuk keamanan bagi rumah, kantor, maupun kendaraan terutama mobil. Hal ini dikarenakan kendaraan seperti mobil sangat rentan mengalami kebakaran yang bisa disebabkan oleh kecelakaan maupun kerusakan pada mesinnya. Oleh karena itu sebaiknya anda memasang APAR di mobil anda untuk berjaga-jaga jika terjadi kebakaran.

Akan tetapi sebelum memasang APAR di mobil alangkah lebih baiknya jika anda mengenal jenis-jenis APAR terlebih dahulu untuk mengetahui APAR yang paling cocok digunakan pada mobil anda.

Jenis-jenis alat pemadam api ringan diantaranya :

  1. APAR Jenis Air

APAR jenis air atau water adalah APAR yang menggunakan media air bertekanan tinggi. APAR Jenis ini merupakan APAR yang paling ekonomis dan cocok untuk memadamkan api yang disebabkan oleh bahan-bahan padat non-logam.

2.  APAR jenis  Busa / Foam (AFFF)

APAR Jenis Busa adalah APAR yang menggunakan busa atau foam AFFF sebagai medianya. Busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam) yang disembur keluar akan menutupi bahan yang terbakar sehingga Oksigen tidak dapat masuk untuk proses kebakaran

3.  APAR jenis Serbuk Kimia / Dry Chemical Powder

APAR Jenis Serbuk Kimia atau dry chemical powder adalah APAR yang terbuat dari kombinasi Monoamonium dan ammonium sulphate. Lalu, serbuk kimia yang dihasilkan dari kombinasi tersebut akan menyelimuti bahan yang terbakar sehingga oksigen yang merupakan unsur penting terjadinya kebakaran akan terpisah. APAR Dry Chemical Powder umumnya digunakan pada mobil.

4.   APAR jenis Karbon Dioksida atau CO2

APAR Jenis Karbon Dioksida atau CO2 adalah Jenis APAR yang menggunakan bahan karbon dioksida atau CO2 sebagai bahan pemadamnya.  APAR jenis karbon dioksida sangat cocok untuk kebakaran kelas B dan Kelas C.

Dari keempat jenis APAR atau alat pemadam kebakaran tersebut, APAR jenis serbuk kimia atau dry chemical powderlah yang paling sering digunakan pada mobil. Karena terbukti efektif untuk memadamkan api yang terjadi akibat kesalahan atau kerusakan mesin mobil.

Setelah anda mengetahui jenis APAR yang cocok untuk mobil anda, langkah selanjutnya yang harus anda ketahui adalah cara pasang APAR di mobil. Berikut merupakan cara pasang APAR di mobil :

  • Pilih jenis APAR yang paling cocok untuk mobil

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya bahwa APAR jenis serbuk kimia lah yang paling sering dan efektif jika digunakan pada mobil. Jadi pilihlah APAR jenis ini untuk di pasang pada mobil anda.

  • Pilih tempat yang sesuai untuk meletakkan APAR

Karena APAR hanya digunakan saat terjadi kebakaran, letakkanlah APAR di tempat yang mudah dijangkau serta tidak mengganggu kenyamanan dan konsentrasi anda saat menyetir. Jok pengemudi adalah tempat yang tepat untuk meletakkan APAR.

  • Pastikan tabung APAR terikat dengan kuat pada dudukannya

Penting bagi anda untuk memastikan bahwa tabung APAR terikat dengan kuat pada dudukannya sehingga APAR tidak akan lari dari posisinya.

Cara Mencegah Terjadinya Kebakaran Pada Rumah

Kebakaran merupakan musibah yang pastinya tidak ingin anda alami karena memiliki berbagai dampak negatif dan juga merugikan. Terdapat tiga faktor yang bisa menyebabkan kebakaran yaitu :

  1. Bahan yang mudah terbakar

Benda padat, cair atau gas seperti kayu, kertas, textil, bensin, minyak, acetelin dan lain sebagainya.

  • Panas atau Suhu

Lingkungan yang memiliki suhu tinggi berpotensi lebih besar menimbulkan kebakaran. Sumber panas bisa berupa sinar matahari, listrik, kortsluiting, panas energy mekanik atau gesekan, reaksi kimia, dan kompresi udara.

  • Oksigen atau O2

Api bisa timbul karena adanya oksigen atau O2. Besar kecilnya kandungan atau kadar oksigen akan berpengaruh pada kebakaran. Semakin besar kadar oksigen maka api akan menyala makin hebat, sedangkan pada kadar oksigen kurang dari 12 % tidak akan terjadi pembakaran api. Dalam keadaan normal kadar oksigen di udara bebas berkisar 21 %, maka udara memiliki keaktifan pembakaran yang cukup hebat.

Anda bisa melakukan berbagai cara untuk mencegah terjadinya kebakaran. Berikut ini merupakan cara mencegah terjadinya kebakaran yang harus anda ketahui.

  • Tidak membuang putung rokok sembarangan

Bagi anda yang merokok pastikanlah abu rokok yang akan anda buang harus benar-benar padam. Sebab bukan tidak mungkin, kebakaran bisa terjadi dari hal sepele. Api yang dianggap kecil memiliki dampak yang besar. Jika anda merokok pastikan untuk tidak  membuang putung rokok sembarangan karena bisa memicu terjadinya percikan api.

  • Jauhkan api dari barang yang mudah terbakar

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran adalah dengan cara menjauhkan pemantik api dari barang yang mudah terbakar. Misalnya saat anda akan menyalakan lilin sebaiknya jauhkan dari benda yang mudah terbakar seperti kertas atau pun kain.

  • Bijak dalam menggunakan peralatan elektronik

Gunakanlah peralatan elektronik dengan sewajarnya dan tidak melebihi beban kapasitas meter listrik. Selain itu anda juga harus mematikan alat-alat elektronik seperti TV atau computer jika sudah tidak digunakan. Hal ini dapat mengurangi potensi terjadinya kebakaran.

  • Pasang detektor dan alarm

Memasang detektor dan alarm kebakaran sangat penting untuk dilakukan. alat ini dapat memberi tahu anda untuk mengambil tindakan yang diperlukan seperti memanggil pemadam kebakaran sehingga kebakaran tidak semakin besar.

  • Pasang detektor asap

Alat ini disarankan harus ada di setiap ruang tamu dan di setiap kamar tidur. Detektor asap tersedia dalam dua tipe dasar yaitu Photoelectric dan Ionization. Photoelectric menggunakan sel-sel photoelectric dengan sumber cahaya tertentu. Photoelectric bekerja menggunakan sistem balok yang menggunakan sinar pada area yang dipantau. Ketika asap memasuki sel, sinar cahaya akan membias ke segala arah yang mengaktifkan detektor.

  • Pasang sistem sprinkler otomatis

System sprinkler dapat digunakan untuk mendistribusikan air langsung pada titik atau sumber api sehingga terbukti lebih efektif dalam mengendalikan atau memadamkan api. Konfigurasi sistem sprinkler dapat berupa sistem pipa basah, sistem pipa kering, sistem pra-aksi, sistem banjir dan sistem perumahan.

  • Periksa secara teratur sistem listrik

Periksalah sistem listrik secara teratur untuk mengetahui apabila terjadi masalah di sana. Hal ini tentu saja sangat penting untuk anda lakukan karena terbukti bisa mencegah terjadinya kebakaran yang disebabkan oleh sistem listrik.

Demikian artikel mengenai cara mencegah terjadinya kebakaran ini. Semoga cara-cara mencegah terjadinya kebakaran di atas dapat bermanfaat bagi anda.

Jual Alat Pemadam Kebakaran APAR Termurah

Apa yang ada di pikiranmu saat mendengar alat pemadam kebakaran? Di dalam imajinasi Anda, alat pemadam kebakaran pastilah berhubungan dengan truk berwarna merah membawa selang lengkap dengan petugasnya. Betul, imaji itu sangat tepat, alat pemadam kebakaran tersebut lazim di temui jika terjadi kebakaran besar.

Hanya saja alat pemadam kebakaran itu banyak jenisnya. Ada banyak jenis-jenis alat pemadam kebakaran yang biasa dipakaikan untuk memadamkan api. Salah satu alat pemadam kebakaran yang cukup dikenal yaitu alat pemadam kebakaran Apar.

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Alat Pemadam Kebakaran Apar

Kita perlu mengenal apa itu alat pemadam kebakaran Apar. Kalau dilihat, Apar merupakan singkatan dari api ringan. Jadi obyek kebakaran yang paling cocok untuk dipadamkan dengan alat pemadam kebakaran Apar yaitu api yang daya kobarnya kecil. Alat pemadam kebakaran Apar bisa kita temui di rumah sakit, kantor, pabrik, sekolah, kampus, dan beberapa gedung vital lain yang sekiranya rawan dengan potensi kebakaran. Lalu apa saja jenis-jenis Apar yang perlu kita ketahui?

Jenis-Jenis Apar yang Perlu Kita Ketahui

Alat pemadam kebakaran api Apar sendiri banyak jenisnya. Alat pemadam kebakaran api Apar mulai dari Fire Extinguisher Dry Chemical Powder, alat pemadam kebakaran api apar jenis cair, hingga alat Apar foam. Berikut detail lebih lanjut alat pemadam kebakaran Apar.

Pertama, Apar jenis powder kimia atau Dry Chemical Powder Fire Extingusiher. Alat Apar ini di dalamnya terdapat serbuk kimia kering dari kombinasi mono-amonium sulfat. Serbuk kimia kering kemudian dilepaskan dan menyelimuti kebakaran yang sedang berlangsung. Serbuk kimia bekerja mengurai oksigen sehingga api tidak bisa lagi menjalar karena oksigennya telah terurai. Alat pemadam kebakaran tipe ini cocoknya digunakan pada situasi kebakaran berbagai kelas. Mulai dari kebakaran kelas A, kebakaran kelas B, hingga kebakaran kelas C pun bisa menggunakan alat Apar yang multi fungsi ini.

Kendati alat Apar Dry Chemical Powder cukup ampuh menangani berbagai kondisi kebakaran. Alat pemadam kebakaran ini tidak direkemondasikan untuk memadamkan api di industri pangan. Bahan makanan akan tercemar chemical powder jika menggunakan alat Apar Dry Chemical Powder yang satu ini.

Kedua, Fire Extinguisher Apar Foam/ AFFF. Apar jenis ini terdiri dari bahan kimia yang dapat membentuk busa AFFF. Busa AFFF sendiri kepanjangan dari Aqueous Film Forming Foam. Busa AFFF yang disemprotkan ke obyek kebakaran menghambat oksigen sehingga kebakaran tersebut bisa dijinakan.

Alat pemadam kebakaran APAR AFFF ini efektif sekali untuk memadamkan kebakaran yang disebabkan oleh material kain, kertas, karet, dan jenis kebakaran lainya yang masuk tipe kebakaran kelas A. Alat kebakaran Apar Foam juga bisa memadamkan api yang disebabkan oleh bensin, minyak tanah, solar, alkohol, dan jenis bahan material minyak lainnya.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang merencanakan untuk membeli alat pemadam kebakaran Apar berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di tempat kami. Ada beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan jika beli alat Apar kebakaran di tempat kami. Berikut beberapa kelebihan yang akan didapatkan.

Pertama, harga Apar kebakaran di tempat kami bisa didapat dengan harga terjangkau. Keterjangkauan harga Apar membuat kantong Anda tetap sehat.

Kedua, alat Apar awet. Anda akan mendapatkan alat pemadam kebakaran awet yang bisa didapatkan. Apar yang kami jual bisa bertahan hingga puluhan tahun lamanya. Jadi segera saja deh Anda beli Apar pemadam kebakaran di tempat kami.